kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Kian Memperkuat Cengkeramannya Saat Kongres Partai Ditutup


Minggu, 23 Oktober 2022 / 11:39 WIB
Xi Jinping Kian Memperkuat Cengkeramannya Saat Kongres Partai Ditutup
Mantan Presiden China Hu Jintao meninggalkan kursinya di sebelah Presiden China Xi Jinping saat upacara penutupan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China, di Aula Besar Rakyat di Beijing, China 22 Oktober 2022. REUTERS/Tingshu Wang


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Partai Komunis China yang berkuasa menyelesaikan kongres pada Sabtu (22/10), memperkuat cengkeraman besi Xi Jinping pada kekuasaan dan mengungkapkan Komite Sentral baru kehilangan dua pejabat kunci yang tidak memiliki hubungan dekat dengan pemimpin tersebut.

Xi yang kini berusia 69 tahun siap untuk meraih masa kepemimpinan lima tahun ketiga sebagai sekretaris jenderal partai, mematahkan preseden dan memperkuat posisinya sebagai penguasa paling kuat China sejak Mao Zedong, pemimpin pendiri Republik Rakyat.

Kepemimpinan baru akan diresmikan sekitar tengah hari waktu setempat pada hari Minggu ketika Xi masuk ke ruang wartawan di Aula Besar Rakyat, diikuti oleh anggota lain dari Komite Tetap baru dalam urutan peringkat.

Baca Juga: Mantan Presiden China Hu Jintao Dikawal Keluar dari Kongres Partai

Dalam momen yang tidak biasa selama upacara penutupan, mantan Presiden Hu Jintao, yang duduk di sebelah Xi, dikawal turun dari panggung. Tampak tertekan, Hu 79 tahun tampak menolak pergi saat pramugara mengantarnya keluar. Dia tampak sedikit goyah Minggu lalu ketika dia dibantu ke panggung yang sama.

Komite Sentral baru partai yang beranggotakan 205 orang, dipilih oleh delegasi pada akhir kongres selama seminggu, tidak termasuk Perdana Menteri Li Keqiang yang akan keluar atau mantan bos partai Guangdong Wang Yang yang dipandang sebagai calon pengganti sebagai perdana menteri.

Analis mengatakan keluarnya mereka menjadi tanda-tanda Komite Tetap Politbiro yang kuat, yang akan diungkapkan pada hari Minggu, kemungkinan akan ditumpuk dengan orang-orang yang dekat dengan Xi.

Baca Juga: Jarang Terjadi, Protes Anti Xi Jinping Telah Menyebar ke Sejumlah Kota di China

“Tema utama kongres ini, seperti yang terlihat dalam amandemen konstitusi dan laporannya, adalah untuk menyoroti status inti Xi,” kata Chen Gang, peneliti senior di Institut Asia Timur di Singapura.

"Dengan kongres ini, otoritas Xi semakin tumbuh. Ke depan, kita akan melihat lebih banyak konsentrasi kekuatan di sekitar Xi dan di sekitar pusat," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×