kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xiaomi Diprediksi Rilis Produk Mobil Listrik Pertamanya Tahun Ini


Rabu, 13 September 2023 / 09:32 WIB
Xiaomi Diprediksi Rilis Produk Mobil Listrik Pertamanya Tahun Ini
ILUSTRASI. Logo Xiaomi terlihat di toko Xiaomi di Shanghai, Cina 12 Mei 2021. REUTERS/Aly Song/File Foto


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Pasar mobil listrik tidak lama lagi akan kehadiran pemain baru. Produsen produk elektronik populer asal China, Xiaomi, kabarnya akan merilis seri mobil listrik pertamanya tahun ini.

Mengutip Arena EV, sebuah produk mobil listrik dengan kode nama 'Modena' telah terdaftar dalam database produk baru Xiaomi. Mobil ini akhirnya muncul dua tahun setelah Xiaomi mengumumkan rencananya untuk merilis mobil listrik.

Menariknya lagi, Xiaomi dikabarkan telah sampai dalam tahap uji coba produksi di sebuah pabrik di kawasan industri Daxing dan sudah membuat 50 purwarupa per minggu.

Baca Juga: Volkswagen Terancam Tertinggal dengan Produsen Mobil Listrik Lain

Xiaomi bahkan mulai meningkatkan upaya rekrutmen untuk pakar mobil listrik, beberapa kandidat diketahui berasal dari raksasa otomotif ternama seperti Mercedes dan Tesla.

Beberapa bocoran yang beredar di dunia maya belakangan ini juga mulai menunjukkan gambaran sekilas tentang detail mobil sedan listrik Xiaomi. 

Modena atau disebut juga sebagai MS11 diharapkan memiliki baterai ternary (NMC) 101 kWh, yang menyediakan daya tahan lama. Versi baru ini dapat menempuh jarak 800 km dengan sekali pengisian daya.

Baca Juga: Saham Tesla Bikin Wall Street Menghijau Senin (11/9), Data Inflasi Jadi Fokus

Soal harga, kabarnya mobil listrik Xiaomi ini akan dijual dengan harga mulai 200.000 yuan atau setara dengan Rp 420 jutaan, bersaing dengan pemain terkenal seperti Tesla Model 3 dan BYD Seal di pasar kendaraan listrik China.

Harga mobil listrik di China memang ada di kelas yang cukup rendah. Hadirnya Xioami di pasar ini diprediksi bisa membuat keramaian, pasalnya Xiaomi terkenal dengan produknya yang dijual dengan harga lebih murah dari para rival sekelas.

Xiaomi juga telah mampu mengembangkan baik software maupun hardware secara mandiri, membuatnya bisa menekan ongkos produksi.

Spekulasi yang berkembang menyebutkan bahwa Xiaomi akan memperkenalkan seri mobil listrik pertamanya ini pada awal Oktober nanti.




TERBARU

[X]
×