kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

47,3 C, Sydney alami cuaca terpanas sejak 1939


Senin, 08 Januari 2018 / 12:03 WIB
47,3 C, Sydney alami cuaca terpanas sejak 1939


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Kota Sydney di Australia telah mengalami cuaca terpanas dalam 79 tahun dengan suhu di wilayah tersebut mencapai setinggi 47,3C (117F).

Di Penrith, sebelah barat Sydney, warga mengeluh saat kota tersebut menanggung beban panas pada hari Minggu.

Peringatan kebakaran yang parah dikeluarkan untuk wilayah Sydney yang lebih luas dan larangan pembakaran total diberlakukan di seluruh kota.

Suhu pada Minggu kemarin sangat panas terik hingga mencapai suhu terpanas sejak 1939, saat cuaca di wilayah tersebut mencapai 47,8C.

Suhu panas terik di Penrith dikonfirmasi oleh Biro Meteorologi.

ABC melaporkan bahwa salah satu badan amal, Mission Australia, membantu memindahkan tunawisma ke rumah sakit untuk perawatan dan membawa tunawisma lainnya ke tempat penampungan untuk menghindari panas.

Sementara itu, Bahar dan Amir Kashefi mencoba untuk tidak membiarkan cuaca panas merusak hari pernikahan mereka di Sydney. "Saya berkeringat, pengiring pengantin saya berkeringat," kata mempelai wanita, Bahar, kepada ABC.

"Kurasa aku akan memotong acara pernikahan, langsung kembali ke hotel dan melompat ke kolam renang," kata Bahar.

Sydney Morning Herald melaporkan, sekitar 7.000 properti di New South Wales dibiarkan tanpa listrik, sebagian karena panasnya.

Pemain yang berpartisipasi dalam turnamen tenis internasional Sydney dipaksa keluar lapangan pada pukul 10:00 waktu setempat pada hari Minggu (23:00 GMT Sabtu) oleh penyelenggara acara setelah suhu di atas lapangan melebihi 40C.

Petenis Prancis Kristina Mladenovic meminta maaf setelah dia mundur di tengah pertandingan melawan petenis Australia Ellen Perez karena panasnya.

"43 derajat tapi mungkin 50 di lapangan saat dimulai. Saya minta maaf kepada fans, saya pikir ini pertama kalinya dalam karir saya, saya mundur dari sebuah pertandingan," tweet Mladenovic.

Wartawan Jamie Pandaram juga menulis di Twitter bahwa panas telah menghalangi fotografer melakukan pekerjaan mereka.

Larangan pembakaran di wilayah daerah Sydney pada Minggu ditujukan untuk mengurangi risiko kebakaran hutan, yang umum terjadi pada musim panas di Australia yang kering.




TERBARU

[X]
×