kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Melonjak Disokong Serangan Israel ke Iran yang Guncang Pasar Global


Jumat, 19 April 2024 / 13:52 WIB
Harga Minyak Melonjak Disokong Serangan Israel ke Iran yang Guncang Pasar Global
ILUSTRASI. Jumat (18/4), harga minyak Brent dan WTI sempat melonjak US$ 3 per barel di awal sesi Asia


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak melonjak karena laporan Israel yang menyerang Iran mengguncang pasar dan memicu kekhawatiran bahwa pasokan minyak Timur Tengah dapat terganggu.

Jumat (19/4), harga minyak mentah acuan melonjak lebih dari US$ 3 sebelum sedikit berkurang. Pada pukul 13.30 WIB, harga Brent berjangka untuk kontrak pengiriman Juni 2024 naik US$ 1,40, atau 1,61% ke US$ 88,51 per barel. 

Sejalan, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) yang paling aktif, naik US$ 1,38, atau 1,68% menjadi US$ 83,48 per barel.

Sentimen yang mendorong harga minyak datang setelah Israel melancarkan serangan ke wilayah Iran pada hari Jumat, kata sumber kepada Reuters. Ini menjadi serangan balasan terbaru antara kedua negara yang mengancam akan menyeret wilayah tersebut lebih dalam ke dalam konflik.

Media Iran melaporkan ledakan tersebut, namun seorang pejabat Iran mengatakan kepada Reuters bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh sistem pertahanan udara. Media pemerintah mengatakan tiga drone di pusat kota Isfahan telah ditembak jatuh.

Baca Juga: Serangan Israel ke Iran Panaskan Harga Minyak Dunia

“Meningkatnya premi risiko geopolitik berarti menghindari risiko pada saat ini dengan meningkatnya risiko gangguan pasokan minyak setidaknya dalam jangka pendek,” kata Kelvin Wong, analis OANDA di Singapura.

“Eskalasi lebih lanjut (menunjukkan) bahwa aksi balas dendam antara kedua belah pihak akan berlangsung lebih lama,” kata Jun Rong Yeap, ahli strategi pasar di IG di Singapura.

Serangan balik Iran menimbulkan “risiko signifikan terhadap perluasan konflik ke konflik regional dan berpotensi membahayakan pasokan minyak. Sementara itu, harga minyak mungkin tetap terdukung karena ketegangan akan terus meningkat,” kata Yeap.

Akhir pekan lalu, Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal sebagai serangan balasan setelah dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Suriah. Sebagian besar drone dan rudal ditembak jatuh sebelum mencapai wilayah Israel, dengan kerusakan dan korban jiwa yang minimal.

Investor telah memantau dengan cermat reaksi Israel terhadap serangan pesawat tak berawak Iran pada 13 April. Premi risiko geopolitik pada harga minyak telah melemah pada minggu ini karena adanya persepsi bahwa setiap pembalasan Israel terhadap serangan Iran akan dimoderasi oleh tekanan internasional.

Baca Juga: Badan Energi Atom Pastikan Serangan Israel Tidak Rusak Situs Nuklir Iran

Dalam pasokan minyak mentah global, Venezuela kehilangan izin utama AS yang mengizinkan anggota OPEC mengekspor minyak ke pasar global. AS juga mengumumkan sanksi terhadap Iran, anggota OPEC lainnya, yang menargetkan kendaraan udara tak berawaknya setelah negara tersebut melakukan serangan pesawat tak berawak terhadap Israel. Namun sanksi terhadap Iran tidak mencakup industri minyaknya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×