kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan putus, diplomat Korea Utara tinggalkan Malaysia


Senin, 22 Maret 2021 / 05:08 WIB
Hubungan putus, diplomat Korea Utara tinggalkan Malaysia
ILUSTRASI. Diplomat Korea Utara di Malaysia menutup kedutaan mereka dan terbang ke luar negeri pada Minggu (21/3/2021). KCNA via REUTERS


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Diplomat Korea Utara di Malaysia menutup kedutaan mereka dan terbang ke luar negeri pada Minggu (21/3/2021). Langkah ini diambil setelah Pyongyang memutuskan hubungan diplomatik terkait ekstradisi seorang warga negaranya ke Amerika Serikat.

Melansir Channelnewsasia, bendera Korea Utara dan tanda kedutaan telah dihapus dari lokasi di pinggiran Kuala Lumpur. Selain itu, gerbang kedutaan tampak dirantai.

Hubungan antara Korea Utara dan Malaysia hampir dibekukan sejak terjadi pembunuhan pada 2017 terhadap saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang terasing di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Kini, hubungan kedua negara semakin memanas. Dua hari setelah Kuala Lumpur mengekstradisi seorang pria Korea Utara ke AS untuk menghadapi tuduhan pencucian uang, Korea Utara yang marah pada hari Jumat mengumumkan bahwa mereka memutuskan hubungan dengan Malaysia. 

Baca Juga: Korea Utara memutuskan hubungan dengan Malaysia karena ekstradisi warganya ke AS

Malaysia mengecam keputusan itu. Bahkan, sebagai tanggapan balas dendam, Malaysia memberi waktu kepada diplomat Korea Utara selama 48 jam untuk hengkang dari negaranya.

Kejahatan tak termaafkan

Kim Yu Song, kuasa hukum dan konselor Korea Utara di Kuala Lumpur, mengatakan Malaysia telah melakukan kejahatan yang tidak dapat diampuni. Menyuarakan pernyataan Pyongyang sebelumnya, dia menuduh Malaysia tunduk pada AS dan menjadi bagian dari konspirasi AS yang ditujukan untuk mengisolasi dan mencekik negaranya.

"Insiden yang dibuat oleh otoritas Malaysia ini merupakan keselarasan yang tidak terselubung dan keterlibatan langsung dalam manuver anti-DPRK Amerika Serikat yang berusaha untuk merampas kedaulatan negara kami dan hak untuk hidup dan berkembang," katanya dalam sebuah pernyataan singkat di luar kedutaan, sebelum menuju ke bandara.

Baca Juga: Kalau sejumlah syarat ini terpenuhi, Korea Utara bersedia penuhi permintaan AS




TERBARU

[X]
×