kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus corona di AS tertinggi dalam dua bulan, 10 negara bagian catat rekor kenaikan


Minggu, 11 Oktober 2020 / 07:15 WIB
Kasus corona di AS tertinggi dalam dua bulan, 10 negara bagian catat rekor kenaikan


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Jumlah kasus baru virus corona di Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi dalam dua bulan pada Jumat (9/10) dengan lebih dari 58.000 infeksi virus corona yang dilaporkan dan dirawat di rumah sakit di Midwest pada tingkat rekor untuk hari kelima berturut-turut.

Mengutip Reuters, Minggu (11/10), dari 50 negara bagian, 10 di antaranya melaporkan rekor kenaikan kasus harian pada Jumat, termasuk negara bagian Indiana, Minnesta, Missouri dan Ohio di Midwestern.

Wisconsin dan Illinois mencatat lebih dari 3.000 kasus baru untuk hari kedua berturut-turut - tren dua hari yang tidak terlihat bahkan selama puncak wabah sebelumnya di musim semi, menurut data Reuters.

Negara bagian barat Montana, New Mexico, dan Wyoming juga melaporkan lonjakan satu hari terbesar mereka dalam kasus, seperti yang terjadi di Oklahoma dan West Virginia.

Baca Juga: Untuk pertama kali, Trump muncul di depan umum sejak keluar dari RS karena Covid-19

Sejauh ini, ada 19 negara bagian yang mencatat rekor peningkatan kasus baru di bulan Oktober.

Di tengah kebangkitan kasus di seluruh negeri, Presiden Donald Trump, yang baru-baru ini mengidap Covid-19, berbicara kepada para pendukungnya dari balkon Gedung Putih pada hari Sabtu, awal untuk memulai kembali kampanye pemilihannya kembali.

Pada hari Senin, Trump dijadwalkan melakukan perjalanan ke Florida.

Trump dan pemerintahannya telah menghadapi kritik atas penanganan mereka terhadap pandemi yang telah merenggut lebih dari 213.000 nyawa di negara itu, serta karena pendekatan yang longgar untuk mengenakan masker dan menjaga jarak sosial di Gedung Putih.

Sementara kematian secara nasional terus menurun, Amerika Serikat kehilangan rata-rata 700 nyawa setiap hari. Tiga negara bagian melaporkan rekor peningkatan kematian dalam satu hari pada hari Jumat: Arkansas, Missouri dan Montana. 

Pakar kesehatan memperingatkan bahwa kematian adalah indikator yang tertinggal dan biasanya meningkat beberapa minggu setelah kasus meningkat.

Jumlah orang yang mengidap Covid-19 diperkirakan akan meningkat pada musim dingin ini.

Tingkat kematian harian negara itu diproyeksikan menjadi lebih dari tiga kali lipat pada pertengahan Januari menjadi 2.250, dengan keseluruhan 395.000 kematian pada 1 Februari 2021, menurut pembaruan baru dari model yang banyak dikutip dari Universitas Washington.

Baca Juga: Trump tolak debat virtual, debat presiden AS kedua batal digelar

Tetapi jika orang Amerika meningkatkan pemakaian masker mereka ke tingkat yang terlihat di Singapura, jumlah kematian 1 Februari akan turun menjadi 316.000, menyelamatkan 79.000 nyawa, menurut Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan Universitas, yang modelnya telah dikutip oleh Satgas Coronavirus Gedung Putih. 

Saat ini, tidak ada mandat federal untuk mengenakan masker, dan 17 negara bagian tidak mewajibkan penggunaan masker, menurut analisis Reuters.

Selain kasus yang meningkat, rumah sakit di beberapa negara bagian berusaha keras untuk menangani masuknya pasien.

Tujuh negara bagian pada hari Jumat melaporkan rekor jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit: Arkansas, Kansas, Missouri, Montana, North Dakota, Oklahoma dan Wisconsin.

Di Midwest, jumlah pasien rawat inap naik menjadi hampir 9.000, melanjutkan rentetan catatan yang dimulai pada hari Senin.

Selanjutnya: Segera kampanye, Trump sudah berhenti minum obat untuk Covid-19




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×