kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kathrein Jr piawai memadukan ekspansi dan inovasi


Jumat, 27 Februari 2015 / 11:46 WIB
Kathrein Jr piawai memadukan ekspansi dan inovasi
ILUSTRASI. Bihun Goreng ala Solaria


Reporter: Adhitya Himawan, Dessy Rosalina | Editor: Yudho Winarto

ANTON Kathrein Klaus atau populer disebut Kathrein Jr, resmi memimpin perusahaan warisan sang ayah sejak tahun 2012. Saat itu, Anton Kathrein Sr mewariskan perusahaan yang membukukan pendapatan US$ 1,4 miliar.

Kala itu, perusahaan yang dia pimpin, Kathrein Werke, membawahi sekitar 62 anak usaha. Di usia 28 tahun, Kathrein Jr menakhodai  Kathrein Werke, produsen antena tertua dan terbesar di dunia. 

Di usia muda, Kathrein Jr memimpin 6.800 tenaga kerja. Kathrein Jr juga mengemban misi penting membawa Kathrein Werke menjadi perusahaan tua yang tetap berinovasi di masa modern. Kathrein Sr tutup usia pada 13 November 2012.

Kathrein Sr meninggal dunia secara tiba-tiba. Beruntung, Kathrein Jr sudah dipersiapkan sejak lama untuk memimpin perusahaan. Kathrein Jr menamatkan studi di jurusan teknik di Karlsruhe Institute of Technology Jerman. 

Setelah lulus dan menggenggam gelar insinyur, Kathrein Jr langsung terlibat aktif mengurus perusahaan keluarga. Mengutip situs resmi perusahaan, Kathrein Jr dianggap sebagai sosok generasi ketiga yang tenang dalam pengambilan keputusan. 

Salah satu buah kerja keras Kathrein Jr adalah memproses akuisisi terhadap Blaupunkt Group. Ini adalah produsen radio dan sistem suara di mobil. Kathrein Jr mengawal proses akuisisi hingga akhirnya resmi membeli unit bisnis antena Blaupunkt pada Mei 2010. 

Pasca akuisisi, Kathrein Werke resmi menyandang status baru. Yakni, penguasa pasar antena otomotif di daratan Eropa. Dalam perjanjian transaksi tersebut, Kathrein mengambil alih pabrik dan bisnis Blaupunkt di Jerman, Portugal dan China. 

Sejak saat itu, Kathrein Werke terus memperbesar unit bisnis antena otomotif di bawah label Blaupunkt Antenna Systems.Kathrein Werke memasang target penjualan lebih dari 100 juta antena otomotif dalam tempo tiga tahun mendatang. 

Kathrein Jr memimpin Kathrein Werke dengan kombinasi ekspansi dan akuisisi. Di kursi pimpinan puncak, Kathrein Jr membentuk tim manajemen khusus yang membantunya untuk mengambil keputusan strategis.

Kathrein Jr dibantu oleh Michael Weber yang menduduki kursi direktur teknologi, Frank Ullmann di posisi direktur operasional dan Norbert Schindler sebagai direktur keuangan. Dengan tim kecil ini, Kathrein Jr memutuskan ekspansi besar-besaran lewat pembangunan pabrik baru.

Saat ini, Kathrein Werke memiliki 18 pusat produksi yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Salah satu pusat produksi terbesar justru berada di Rumania. Pabrik di Rumania ini memproduksi sepertiga dari total produksi global antena buatan Kathrein Werke.

Aksi terbaru, Kathrein Jr membangun pabrik baru di Meksiko. Total investasi pabrik baru mencapai € 26 juta. Pabrik baru ini untuk memenuhi permintaan antena perkakas mobile yang melonjak.

Hingga akhir tahun 2014, Kathrein Werke memproduksi delapan juta stasiun pemancar gelombang. Proyeksi manajemen, tahun ini angkanya bakal menembus lebih dari 10 juta stasiun pemancar.

Tidak cuma memperbesar kapasitas, Kathrein Jr juga membuahkan inovasi. Rencananya, perusahaan bakal meluncurkan Kathrein Smart City di ajang Mobile World Congress, 2-5 Maret 2015 di Barcelona.

Kathrein Smart City adalah sistem solusi telekomunikasi yang diciptakan Kathrein Werke. Sistem ini mampu menangkan sinyal gelombang komunikasi mulai dari antena khusus luar ruangan hingga dalam ruangan.

(Selesai)




TERBARU

[X]
×