kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kekayaan Mark Zuckerberg Susut Hingga Rp 404 Triliun Dalam Satu Hari Saja


Jumat, 26 April 2024 / 21:47 WIB
Kekayaan Mark Zuckerberg Susut Hingga Rp 404 Triliun Dalam Satu Hari Saja
Kekayaan Mark Zuckerberg Susut Hingga Rp 404 Triliun Dalam Satu Hari Saja


Sumber: businessinsider.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Mark Zuckerberg, salah satu pendiri dan CEO Facebook, Instagram, serta perusahaan induk WhatsApp, memiliki kekayaan sekitar US$ 175 miliar pada penutupan hari Rabu, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Pada hari Rabu, saham Zuckerberg di Meta bernilai sekitar US$ 170 miliar atau sekitar Rp 2.753 triliun (kurs Rp 16.196) , mewakili sekitar 13% dari perusahaan tersebut.

Namun, harga saham turun 15% menjadi US$ 420 atau sekitar Rp 6,80 juta pada perdagangan pra-pasar hari Kamis. Akibatnya, kekayaan Zuckerberg menyusut sebesar US$ 25 miliar atau sekitar Rp 404,9 triliun menjadi US$ 145 miliar atau sekitar Rp 2.348 triliun.

Jika tren penurunan ini berlanjut setelah pasar dibuka, kekayaan bersih Zuckerberg berpotensi turun di bawah US$ 150 miliar. Ini akan menempatkannya sebagai orang terkaya kelima menurut daftar Bloomberg, di bawah salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, dengan asumsi kekayaan Gates tidak mengalami penurunan yang signifikan juga.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Jual Rumah Demi Kapal Pesiar Mewah Senilai US$ 300 Juta

Penurunan sebesar US$ 25 miliar dalam satu hari merupakan kejadian yang luar biasa, mengingat hanya 70 orang terkaya di dunia yang memiliki kekayaan sebesar itu.

Sebelum penutupan hari Rabu, kekayaan bersih Zuckerberg telah meningkat sebesar US$ 47 miliar tahun ini, menjadikannya peraih kekayaan terbesar dalam daftar tersebut hingga saat itu.

Namun, beberapa hari sebelumnya, dia berhasil melampaui Elon Musk, terutama karena masalah yang dihadapi Tesla. Namun, Musk telah mendapatkan kembali posisi ketiga berkat kenaikan harga saham Tesla setelah laporan keuangan.

Meskipun terjadi penurunan harga saham Meta, Zuckerberg tetap optimistis dan berkomitmen untuk berinvestasi besar-besaran dalam kecerdasan buatan, seperti yang disampaikannya dalam panggilan pendapatan perusahaan pada hari Rabu.

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Real Estat jadi Hal yang Bagus untuk Investor Baru

Dia menjelaskan bahwa investasi jangka panjang untuk membangun pengalaman baru dalam aplikasi mereka, termasuk pengembangan kecerdasan buatan, telah terbukti menguntungkan bagi mereka dan investor. Namun, proses ini membutuhkan waktu beberapa tahun.

Selain Meta, saham-saham Big Tech lainnya juga mengalami tekanan, menunjukkan bahwa investor mungkin kecewa terhadap kecerdasan buatan atau khawatir akan faktor-faktor pasar seperti konflik internasional, inflasi yang meningkat, potensi resesi, dan tingginya suku bunga yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pada hari Kamis, pemilik Facebook bisa mengalami kerugian lebih dari US$180 miliar dalam nilai pasar.

Baca Juga: Saat IHSG Ambles, Prajogo Pangestu Malah Semakin Kaya

Saham-saham Amazon, Alphabet, dan Microsoft juga mengalami penurunan sebelum penutupan, yang mengindikasikan bahwa nilai pasar mereka masing-masing sekitar US$ 170 miliar bisa mengalami penurunan, bahkan lebih dari US$ 350 miliar jika Meta ikut terkena dampaknya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×