kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,16   -5,20   -0.56%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagi, gempa hebat mengguncang Meksiko


Rabu, 20 September 2017 / 05:14 WIB
Lagi, gempa hebat mengguncang Meksiko


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Gempa berkekuatan 7,1 skala richter mengguncang Meksiko pada Selasa kemarin. Gempa tersebut menghancurkan puluhan gedung di ibukota Meksiko dan menyebabkan setidaknya 49 orang tewas.

Menurut Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, jumlah gedung yang hancur di Mexico City mencapai 27 unit. Mexico City merupakan salah satu kota dengan populasi terbesar dunia. Sedangkan Gubernur Mexico City Graco Ramirez, jumlah korban tewas di negara bagian Morelos mencapai 42 orang.

Gempa hebat ini terjadi hanya selang kurang dari dua minggu setelah gempa lainnya menyebabkan 90 orang tewas di bagian selatan negara ini.


Sejumlah media Meksiko menyiarkan hancurnya gedung-gedung di wilayah yang padat penduduknya di Mexico City dan di dekat Cuernavaca. Selain itu, terlihat juga kepulan asap yang keluar dari salah satu struktur gedung yang rubuh.

Ada juga video dramatis yang menunjukkan detik-detik hancurnya sebuah gedung hingga menjadi kepulan debu. Belum jelas, apakah ada warga yang berada di dalam gedung atau tidak. Namun Walikota Miguel Angel Mancera melaporkan ada sejumlah warga yang terjebak di dalam sejumlah gedung.


Gubernur Alfredo del Mazo mengatakan bahwa dua orang tewas di negara bagian Meksiko. Satu orang tewas karena terhimpit batu yang jatuh, dan satu lagi tertimpa tiang lampu yang roboh.

Gempa kali ini menyebabkan gedung-gedung bergoyang hebat di Mexico City dan membuat panik pekerja kantoran yang berlarian ke jalan-jalan. Belum ada data yang jelas mengenai jumlah warga yang tewas dan terluka.

Survei Geologi AS mengkalkulasi gempa yang terjadi berkekuatan 7,1 skala richter. Gempa ini terpusat di dekat negara bagian Puebla, kota Raboso, yang terletak sekitar 76 mil atau 123 kilometer dari timur laut Mexico City.

Bandara internasional Mexico City menunda seluruh penerbangan dan mengecek semua fasilitas apakah ada kerusakan atau tidak.

Sebelumnya, Mexico juga pernah digoyang gempa hebat dengan kekuatan 8,1 skala richter pada 7 September lalu di pantai selatan Meksiko. Gempa ini juga dirasakan sampai ke ibukota.

Presiden AS Donald Trump menuliskan tweet pada Selasa sore menanggapi kejadian ini. "Tuhan memberkati warga Mexico City. Kami bersama Anda dan akan selalu ada untuk Anda," tulis Trump.

Pada pekan lalu, Mexico menarik kembali penawarannya untuk membantu korban Badai Harvey di Texas. Kementerian Luar Negeri Mexico mengatakan pemerintah akan mendahulukan kepentingan warganya setelah gempa bumi mengguncang Meksiko selatan.




TERBARU

[X]
×