kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mark Zuckerberg, CEO dengan bayaran fasilitas pribadi tertinggi


Senin, 16 April 2018 / 11:05 WIB
Mark Zuckerberg, CEO dengan bayaran fasilitas pribadi tertinggi


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. Menjadi pemilik perusahaan besar apalagi sudah go public bisa mendatangkan berkah besar. Tidak hanya potensi kekayaan bertambah dari kenaikan saham perusahaanya, juga gaji dari mengelola perusahaan. Bukan itu saja, hobi dan fasilitas pribadi sang pemilik perusahaan pun bisa dibayar dari uang perusahaan.

Mark Zuckerberg contohnya. Pemilik Facebook ini ternyata telah menghabiskan biaya perjalanan pribadi dengan pesawat sebesar US$ 1,52 juta selama tahun lalu. Ini adalah fasilitas perjalanan pribadi CEO yang dibayarkan perusahaan publik.

Tahun lalu, Zuckerberg telah berseliweran ke seantero Amerika Serikat (AS) dan banyak negara menghadiri sejumlah pertemuan. Bukan cuma biaya perjalanan, Zuckerberg juga memperoleh biaya keamanan pribadi senilai US$ 7,32 juta atau naik 50%.

CEO lain yang menerima fasilitas biaya untuk kepentingan pribadi adalah Matthew Levatich, Chairman Harley Davidson Inc. Levatich mendapatkan pakaian motor senilai US$ 544 dari perusahaannya. Canada Goose Holdings Inc juga memberikan jaket parka gratis pada bosnya, Dani Reiss, seharga C$ 35.500 atau setara dengan US$ 28.200.

Fasilitas pribadi CEO yang dibiayai oleh perusahaan di emiten yang masuk indeks S&P 500 di tahun lalu rata-rata mencapai US$ 187.000. Angka menurut data yang dikumpulkan Bloomberg stabil dalam beberapa tahun terakhir. Sementara total kompensasi eksekutif meningkat menjadi sekitar US$ 15 juta, atau naik 27% sejak tahun 2010.

Fasilitas yang diterima CEO di tiap perusahaan akan berbeda. Beberapa perusahaan mengharuskan CEO terbang eksklusif dengan jet pribadi, bahkan ketika melakukan perjalanan pribadi termasuk mengkaver pemeriksaan fisik secara tahunan. Beberapa lainnya membayar sistem keamanan rumah dan memberi pengawal pribadi. Las Vegas Sands Corp misalnya telah menghabiskan dana US$ 3,97 juta untuk keamanan pribadi CEO Sheldon Adelson dan keluarganya pada tahun lalu.

Perusahaan dari industri minyak dan gas juga membayar keanggotaan klub negara bagi CEO mereka. Cara tersebut diharapkan bisa menghasilkan hubungan bisnis dan kesepakatan bagi perusahaan. Anadarko Petroleum Corp membayar US$ 32.035 iuran tahunan untuk CEO RA Walker. Noble Energy Inc mengeluarkan US$ 9.512 untuk CEO-nya David Stover.

Manfaat yang diberikan kepada para eksekutif harus dilaporkan sebagai penghasilan kena pajak dalam peraturan perusahaan. Ini banyak menuai pertanyaan pada para investor. Tapi biasanya para anggota dewan memiliki alasan khusus demi kebaikan perusahaan.

Banyak orang menganggap fasilitas yang diterima bos Facebook Zuckerberg tidak memberi banyak manfaat. Facebook telah berdebat dengan  Securities and Exchange Commission tentang apakah biaya keamanan memberi keuntungan bagi perusahaan. "Dia adalah pusat kesuksesan masa depan Facebook dan sebagai pendiri dan CEO perusahaan memiliki profil publik yang tinggi," kata dewan direksi seperti dikutip Bloomberg.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×