kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pinterest bisa menggeser popularitas Facebook (4)


Jumat, 14 Juli 2017 / 15:18 WIB
Pinterest bisa menggeser popularitas Facebook (4)


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

Dulu sempat diremehkan karena tampilannya dinilai tak memiliki daya tarik. Kini, media sosial Pinterest mulai dibanding-bandingkan dengan Facebook yang lebih dulu melesat. Ben Silbermann memang merancang bisnisnya berkembang bertahap. Tidak seperti Facebook yang meledak di awal-awal namun kemudian stagnan. Pertumbuhan bisnis Pinterest cenderung pesat namun juga lebih terukur ketimbang Facebook. Dus, Pinterest diramal bakal menggusur Facebook.

Tidak memiliki latar belakang yang memadai di bidang teknologi informasi, membuat sejumlah kalangan sempat meragukan kemampuan Ben Silbermann  menjalankan bisnis berbasis teknologi. Produk media sosial buatan Silbermann pun sempat diremehkan.

Seorang jurnalis senior di New York Magazine bernama Kevin Roose pernah menulis tentang betapa miripnya situs milik Silbermann  yakni Pinterest dengan pesaing besarnya, Facebook. Roose juga menyebut kala itu, sebagai sebuah jejaring sosial Pinterest tidak daya tarik lebih.

Tentu saja, ketika pertama kali muncul Pinterest dipandang sebelah mata. Ini karena fitur-fitur yang disajikan oleh Pinterest hanya sebatas berbagi koleksi atau berbagi hasil karya saja, tidak banyak interaksi lain antara sesama pengguna.

Rupanya, meremehkan Pinterest adalah kesalahan besar. Dalam artikel yang dilansir Forbes, sebuah riset yang dilakukan IBM Digital Analytics membandingkan valuasi dan jumlah pengguna Pinterest yang kalah jauh ketimbang Facebook. Kala itu, Pinterest diperkirakan hanya akan memiliki maksimal 70 juta pengguna aktif, dengan nilai valuasi US$ 5 miliar per akhir tahun 2015.

Jumlah tersebut terpaut sangat jauh dibanding Facebook yang kala itu memiliki 1,2 miliar pengguna aktif harian dan nilai valuasinya mencapai US$ 210 miliar. Tapi, menurut Forbes, disinilah keunikan dari Pinterest dibandingkan media sosial lain.

Ambil contoh Facebook. Media sosial ini berkembang sangat pesat di awal dan kemungkinan akan stagnan pertumbuhannya di masa yang akan datang. Artinya, tidak semua orang akan kembali ke Facebook dan aktif menggunakannya, karena saat ini sudah banyak media sosial yang lebih efektif dan mudah bagi kebanyakan orang khususnya anak muda.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×