kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Positif corona, Trump dipindahkan ke rumahsakit militer untuk perawatan


Sabtu, 03 Oktober 2020 / 05:54 WIB
Positif corona, Trump dipindahkan ke rumahsakit militer untuk perawatan
ILUSTRASI. Ilustrasi Trump positif corona. REUTERS/Kim Kyung-Hoon


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump dipindahkan ke rumahsakit militer untuk perawatan setelah didiagnosis positif Covid-19.

Mengutip Reuters, Sabtu (3/9), sekitar 17 jam setelah mengumumkan bahwa dia dinyatakan positif Covid-19, Trump berjalan perlahan dari Gedung Putih menuju helikopter yang akan membawanya ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland. 

Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan, Trump akan tinggal di kamar khusus di rumah sakit selama beberapa hari ke depan sebagai tindakan pencegahan.

"Karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dokter dan ahli medisnya, Presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed untuk beberapa hari ke depan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Wall Street melemah tajam, gara-gara kabar Trump positif Covid-19

Trump, 74 tahun, mengalami demam ringan, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut. Dokter Gedung Putih Sean P. Conley mengatakan dia sedang dirawat dengan koktail obat eksperimental dan "lelah tetapi dalam semangat yang baik."

Itu adalah kemunduran terbaru bagi presiden Republik, yang tertinggal dari saingan Demokrat Joe Biden dalam jajak pendapat menjelang pemilihan presiden 3 November.

Trump, yang telah mengecilkan ancaman pandemi virus corona sejak awal, menulis di Twitter sebelumnya pada hari Jumat bahwa dia dan istrinya Melania akan menjalani karantina setelah dinyatakan positif terkena virus, yang telah menewaskan lebih dari 200.000 orang Amerika dan merusak parah Ekonomi AS.

Sebagai pengguna Twitter aktif, Trump belum memposting pesan apa pun sejak itu.

Trump berisiko tinggi karena usia dan berat badannya. Dia tetap dalam kondisi kesehatan yang baik selama waktunya di kantor tetapi tidak diketahui berolahraga secara teratur atau mengikuti pola makan yang sehat.

Conley mengatakan Trump telah menerima pengobatan eksperimental, REGN-COV2 Regeneron. Obat tersebut adalah salah satu dari beberapa obat COVID-19 eksperimental yang dikenal sebagai antibodi monoklonal, yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kepala penyakit menular A.S. Dr.Anthony Fauci termasuk di antara mereka yang mengatakan bahwa teknik ini menjanjikan.

Trump juga mengonsumsi zinc, Vitamin D, famotidine, melatonin, dan aspirin setiap hari.

Saham di Wall Street ditutup melemah karena berita tentang diagnosis Trump menambah ketidakpastian seputar pemilihan.

Biden menarik iklan yang menyerang Trump, tetapi sebaliknya melanjutkan kampanyenya setelah dites negatif virus corona.

Di aula persatuan di Grand Rapids, Biden mengatakan dia berdoa untuk kesembuhan saingannya. Namun, dia juga secara tersirat mengkritik Trump, yang jarang memakai masker di depan umum dan telah mengadakan kampanye besar-besaran dengan sedikit jarak sosial.

"Bersikaplah patriotik," kata Biden. "Ini bukan tentang menjadi pria yang tangguh. Ini tentang melakukan bagianmu."

Penyakit Trump juga menimbulkan pertanyaan tentang kesehatan orang lain di atas pemerintah AS.

Baca Juga: Rencana kampanye Trump berantakan setelah positif Covid-19

Wakil Presiden Mike Pence, yang akan mengambil alih jika Trump jatuh sakit parah, dinyatakan negatif, kata seorang juru bicara. Mantan gubernur Indiana itu, bekerja dari kediamannya sendiri beberapa mil dari Gedung Putih.

Trump tidak mengalihkan kekuasaan ke Pence seperti yang kadang dilakukan presiden lain saat menjalani perawatan medis, menurut seorang pejabat Gedung Putih.

Pence mengambil alih panggilan yang direncanakan Trump dengan para gubernur dan organisasi pensiunan. 

Debatnya pada 7 Oktober dengan calon wakil presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris akan berjalan sesuai rencana, kata penyelenggara. Harris juga dinyatakan negatif virus corona, menurut kampanye tersebut.

Selanjutnya: Biden mengatakan akan terus berdoa untuk kesehatan, keselamatan Trump dan keluarga




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×