kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SoftBank raih pendanaan senilai US$ 8 miliar lewat pinjaman margin


Sabtu, 07 April 2018 / 16:05 WIB
 SoftBank raih pendanaan senilai US$ 8 miliar lewat pinjaman margin


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Raksasa teknologi Jepang, SoftBank Group Corp. menggunakan sahamnya di retailer online Alibaba Group Holding Ltd. sebagai jaminan pinjaman US$ 8 miliar dari sekelompok bank.

Mengutip Bloomberg, Jumat (6/4), Morgan Stanley, Citigroup Inc., Goldman Sachs Group Inc., Bank of America Corp dan JPMorgan Chase & Co. termasuk diantara setidaknya 10 bank yang membantu membuat apa yang disebut pinjaman marjin, yang dijamin hanya oleh kepemilikan SoftBank di Alibaba. Kesepakatan itu tidak akan tercermin dalam utang perusahaan yang berbasis di Tokyo, yang dapat membantu melindunginya dari penurunan peringkat dan dapat membantu rencananya untuk menjual saham di anak perusahaan domestik.

Keikutsertaan bank-bank terbesar di dunia dalam perdagangan mencerminkan selera mereka yang terus berlanjut untuk perdagangan berbasis saham kompleks yang dikaitkan dengan klien mereka yang paling berharga bahkan setelah bank kehilangan lebih dari US$ 1 miliar yang digabungkan pada pinjaman marjin yang dikaitkan dengan Steinhoff International Holdings NV., peritel Afrika Selatan telah kehilangan lebih dari 90% dari nilai pasarnya menyusul pengungkapan kesalahan akuntansi yang tertanggal beberapa tahun lalu.

"Sepengetahuan saya, saya akan setuju bahwa US$ 8 miliar adalah pinjaman marjin terbesar yang pernah ada. Hanya ada beberapa pinjaman margin yang cukup besar karena membutuhkan kepemilikan saham yang signifikan dalam perusahaan besar, likuid dan publik. kata Bethany Knight, penasihat di Riverside Risk Advisors LLC, dilansir dari Bloomberg.

BNP Paribas SA, Deutsche Bank AG, Nomura Holdings Inc, Societe Generale SA, UBS Group AG dan ING Groep NV adalah salah satu pemberi pinjaman lainnya dalam kesepakatan itu.

Suku bunga pinjaman marjin adalah tingkat yang ditawarkan suku bunga antar bank London atau Libor, ditambah sekitar 150 basis poin atau 1,5%.




TERBARU

[X]
×