kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raja Thailand kini menjadi pemegang saham SCB


Senin, 09 Oktober 2017 / 11:47 WIB
Raja Thailand kini menjadi pemegang saham SCB


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Terdapat perubahan pemegang saham utama di Siam Commercial Bank (SCB), bank terbesar ketiga di Thailand. Kini, sang Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun secara pribadi ikut menjadi pemegang saham SCB.

Masuknya Raja Thailand sebagai pemegang saham di bank itu cukup mengejutkan mengingat Kerajaan Thailand sebetulnya sudah menjadi pemegang saham terbesar di bank tersebut. Kerajaan Thailand memiliki saham SCB melalui Crown Property Bureau (CPB).

CPB mengelola aset yang dimiliki Kerajaan Thailand, termasuk real estate utama di Bangkok dan negara bagian. Serta kepemilikan saham di perusahaan besar Negeri Gajah Putih seperti SCB dan Siam Cement Group (SCG).

Nah, seperti dikutip Nikkei Asia Review, Raja Vajiralongkorn ikut masuk menjadi pemegang saham SCB dengan cara transfer saham milik CBP di bank tersebut menjadi atas nama sang Raja Thailand. Saham yang ditransfer tersebut senilai US$ 500 juta atau setara 3,3% saham Siam Commercial Bank. Transfer saham tersebut dilakukan akhir pekan lalu.

Menurut laporan Securities and Exchange Commission (SEC) di situs Bursa Efek Thailand, Jumat (6/10), kepemilikan saham Crown Property Bureau di SCB turun menjadi 18,14% dari sebelumnya 21,47% pada 2 Oktober 2017.

Dalam laporan terpisah yang diajukan Crown Property Bureau ke SEC terpetik bahwa kepemilikan 3,33% saham SCB telah dialihkan ke Raja Vajiralongkorn. Namun tidak dijelaskan apakah ada pembayaran untuk pengalihan saham tersebut. Perwakilan CPB menolak berkomentar saat dihubungi oleh Nikkei Asian Review.

Kendati berkurang, CPB tetap merupakan pemegang saham terbesar di bank tersebut. Sedangkan, Raja Thailand sekarang menjadi pemegang saham terbesar ketujuh dengan haknya sendiri.

Catatan saja, CPB di bawah kendali langsung Raja Vajiralongkorn sejak kematian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, hampir setahun lalu. Pada bulan Juli 2017 lalu, dilakukan amandemen Undang-Undang Crown Property. Beleid tersebut diubah sehingga pengelolaan dan pengambilan keuntungan dari properti Kerajaan Thailand akan tunduk pada kehendak raja dan dikelola oleh orang-orang yang ditunjuk pribadi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×