kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,55   3,92   0.42%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

149 Orang Meninggal Saat Kericuhan di Acara Perayaan Halloween di Korea Selatan


Minggu, 30 Oktober 2022 / 05:26 WIB
149 Orang Meninggal Saat Kericuhan di Acara Perayaan Halloween di Korea Selatan
ILUSTRASI. Sedikitnya 149 orang tewas dalam kerumunan besar perayaan Halloween di Seoul, Korea Selatan pada Sabtu (29/10) malam REUTERS/Chalinee Thirasupa


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Sedikitnya 149 orang tewas dalam kerumunan besar perayaan Halloween di Seoul, Korea Selatan pada Sabtu (29/10) malam, menurut laporan pejabat darurat.

Mengutip Reuters, Minggu (30/10), Choi Sung-beom, Kepala Stasiun Pemadam Kebakaran Yongsan dalam sebuah pengarahan di tempat kejadian menuturkan, lebih dari 150 orag terluka dalam bentrokan di distrik Itaewon, Seoul.

Banyak dari yang terluka serius dan menerima perawatan darurat.

Baca Juga: Bantah Tuduhan Rusia, Korsel Pastikan Tidak Mengirim Senjata Mematikan ke Ukraina

Ini adalah acara Halloweeen pertama di Seoul dalam tiga tahun terkahir, setelah Korea Selatan mencabut pembatasan Covid dan jarak sosial. Banyak pengunjung pesta mengenakan topeng dan kostum Halloween.

Beberapa saksi menggambarkan kerumunan menjadi semakin tidak terkendali saat malam semakin larut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.20 WIB. (1320 GMT).

"Sejumlah orang jatuh selama festival Halloween, dan kami mendapati banyak korban," kata Choi. Banyak dari mereka yang meninggal berada di dekat klub malam.

Banyak dari korban adalah wanita berusia dua puluhan, kata Choi.  

Saksi mata menggambarkan adegan kacau beberapa saat sebelum penyerbuan, dimana polisi yang mengantisipasi acara Halloween kadang-kadang mengalami kesulitan mengendalikan kerumunan.

Moon Ju-young, 21, mengatakan ada tanda-tanda masalah yang jelas di gang-gang sebelum insiden itu.

"Setidaknya lebih dari 10 kali ramai dari biasanya," katanya kepada Reuters.

Rekaman media sosial menunjukkan ratusan orang yang memadati gang sempit dan miring itu hancur dan tidak bisa bergerak ketika petugas darurat dan polisi mencoba menarik mereka untuk bebas.

Choi, kepala pemadam kebakaran distrik Yongsan, mengatakan semua korban tewas kemungkinan besar akibat kecelakaan di satu gang sempit itu.

Rekaman lain menunjukkan adegan kacau petugas pemadam kebakaran dan warga merawat puluhan orang yang tampaknya tidak sadarkan diri.

Petugas pemadam kebakaran dan saksi mata mengatakan orang-orang terus berduyun-duyun ke gang sempit yang sudah penuh sesak, ketika orang-orang di puncak jalan yang miring itu jatuh, membuat orang lain di bawah mereka terguling di atas yang lain.

Seorang wanita yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan dia adalah ibu dari seorang yang selamat mengatakan putrinya dan yang lainnya terjebak selama lebih dari satu jam sebelum ditarik dari kerumunan orang di gang.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan Melambat di Kuartal III-2022

Seorang saksi mata Reuters mengatakan kamar mayat darurat didirikan di sebuah gedung yang berdekatan dengan tempat kejadian. Sekitar empat lusin mayat kemudian dibawa dengan tandu beroda dan dipindahkan ke fasilitas pemerintah untuk mengidentifikasi para korban, menurut saksi.

Distrik Itaewon populer di kalangan anak muda Korea Selatan dan ekspatriat, lusinan bar dan restorannya dikemas pada hari Sabtu untuk Halloween setelah bisnis mengalami penurunan tajam selama tiga tahun pandemi.

"Anda akan melihat kerumunan besar saat Natal dan kembang api ... tapi ini beberapa kali lipat lebih besar dari semua itu," kata Park Jung-hoon, 21, kepada Reuters dari tempat kejadian.

Orang asing termasuk di antara mereka yang dipindahkan ke rumah sakit terdekat.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di twitter mengatakan: "Semua pikiran kami dengan mereka yang saat ini menanggapi dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini."

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam cuitannya di twitter mengatakan: "Kami mengirimkan pikiran dan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga dan teman-teman yang meninggal dan terluka, serta kepada orang-orang (Korea Selatan) karena mereka berduka atas tragedi mengerikan ini."

Dengan meredanya pandemi COVID, jam malam di bar dan restoran dan batas 10 orang untuk pertemuan pribadi dicabut pada bulan April. Mandat masker luar ruangan dijatuhkan pada bulan Mei.

Pihak berwenang mengatakan mereka sedang menyelidiki penyebab pasti insiden tersebut.

Presiden Yoon Suk-yeol memimpin pertemuan darurat dengan pembantu senior dan memerintahkan satuan tugas dibentuk untuk mengamankan sumber daya untuk merawat yang terluka dan untuk meluncurkan penyelidikan menyeluruh penyebab bencana.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×