kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Stasiun kereta api terbesar di dunia


Sabtu, 16 Januari 2016 / 12:00 WIB
5 Stasiun kereta api terbesar di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Banyak pilihan transportasi yang tersedia untuk yang senang bepergian kemana pun di seluruh Dunia. Salah satuny amelalui kereta api. Di banyak negara, stasiun kereta bukan hanya untuk menaikkan dan menurunkan penumpang, tetapi juga dijadikan tempat wisata, karena berbagai fasilitas yang disediakan atau arsitektur stasiun yang indah. Tidak aneh kalau sebuah stasiun bisa melayani para komuter hingga ratusan ribu bahkan jutaan orang dalam hitungan satu bulan. Berikut 5 stasiun terbesar di dunia versi Kontan.

Nama : Termini Roma
Alamat/Negara : Piazzale dei Cinquecento, 00185 Roma, Italia
Mulai Operasi : 25 Februari 1863
Jumlah Platform : 29 Platform
Keterangan : - Stasiun Roma Termini (bahasa Italia: Stazione di Roma Termini) adalah stasiun kereta utama di Roma. Dinamakan sama dengan distrik dimana stasiun ini berada, yang diambil dari bahasa latin thermae atau tempat mandi air panas, yang terletak di seberang jalan dari gerbang utama stasiun.
    - Stasiun ini mempunyai layanan kereta terjadwal ke semua kota besar di Italia juga layanan internasional ke Paris, Munich, Jenewa, Basel dan Wina. Dengan 29 platform dan lebih dari 150 juta penumpang setiap tahun.
     '- Dibuka pada tahun 1862, Stasiun Kereta Api Termini Roma adalah salah satu stasiun utama di Roma. Stasiun Roma Termini juga salah satu stasiun terbesar di Eropa.
Sumber Foto : romatermini.com

Nama : Munich hauptbahnhof
Alamat/Negara : Bayerstraße 10A, 80335 München, Jerman
Mulai Operasi : Tahun 1839
Jumlah Platform : 32 Platform di atas tanah
Keterangan : - München Hauptbahnhof adalah stasiun kedua terbesar di Eropa dengan jumlah platform. Awalnya dibangun pada tahun 1839 dan dibangun kembali pada tahun 1960 setelah Perang Dunia Kedua, stasiun ini melayani sekitar 450.000 penumpang setiap hari.
    - Fasilitasnya mencakup toko makanan dan toko-toko hadiah di lantai dasar dan lantai pertama, shopping arcade di ruang bawah tanah, sebuah Museum Anak, dan Hotel. 
    - Terletak di pusat Munich, Stasiun Kereta Utama Munich (Hauptbahnhof Munich) dekat Marienplatz. Stasiun ini adalah salah satu yang terbesar di Jerman dan menyediakan layanan regional dan internasional.
Sumber Foto : raileurope.com

Nama : Stasiun Shinjuku
Alamat/Negara : 1 Chome-1-3 Nishishinjuku, Shinjuku, Tokyo 160-0023, Jepang
Mulai Operasi : Tahun 1885
Jumlah Platform : 36 platform dengan 200 pintu ke masuk dan luar
Keterangan : - Stasiun kereta api yang terletak di Shinjuku, Tokyo, Jepang. Stasiun Shinjuku berfungsi sebagai stasiun penghubung utama lalu lintas kereta api antara kawasan bisnis Tokyo dengan daerah-daerah di sebelah baratnya. 
    - Shinjuku merupakan gabungan lima stasiun yakniJR-East, Odakyu Electric Railway, Keio Corporation, Tokyo Metro, dan Toei Subway yang berfungsi sebagai penghubung antara Tokyo dengan daerah pinggiran. Stasiun ini memiliki 20 peron dan melayani 20 jalur kereta. Stasiun ini mempunyai 200 pintu masuk keluar sehingga tercatat di GuinnessWorld Records. 
    - Rata-rata 3,5 juta orang per hari melakukanperjalanan melalui Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang. Oleh karenanya, stasiun ini merupakan stasiun kereta tersibuk di dunia dari sisi pergerakan penumpangnya. 
Sumber Foto : japanesesearch.com

Nama : Gare du Nord
Alamat/Negara : 18 Rue de Dunkerque, 75010 Paris, Prancis
Mulai Operasi : Tahun 1864
Jumlah Platform : 44 platform (bawah tanah)
Keterangan : - Gare du Nord menawarkan koneksi dengan beberapa jalur transportasi perkotaan, termasuk Paris Métro, RER dan Bus. Dengan jumlah wisatawan, sekitar 190 juta per tahun, itu adalah stasiun kereta api tersibuk di Eropa  dan salah satu stasiun tersibuk di dunia dengan lebih dari 700.000 penumpang setiap hari. 
    - Gare du Nord juga menyediakan layanan kereta dengan kecepatan tinggi seperti Eurostar, Thalys, dan TGV dengan tujuan London, Amsterdam, Cologne, Brussels, Essen, Valencianes, Dunkerque dan lainnya. 
    - Sebagai stasiun tersibuk di dunia, tentu saja Gare du Nard juga seringkali dipakai sebagai lokasi shooting film seperti Les Poupees Russes, Les Poupees Russes, Mr Bean, The Da Vinci Code dan lainnya. 
Sumber Foto : bonjourlafrance.com

Nama : Grand Central Terminal (GCT)
Alamat/Negara : 89 East 42nd Street, Park Avenue, New York City, Amerika
Mulai Operasi : Tahun 1913
Jumlah Platform : 44 platform (bawah tanah) dengan 67 rel
Keterangan : - GTC adalah stasiun kereta api terbesar di dunia dengan  41 rel di tingkat atas dan 26 di tingkat bawah yang keduanya ada di bawah tanah ini melayani para komuter yang bepergian melalui Metro-North Railroad menuju Westchester, Putnam, dan Dutchess County di New York, dan Fairfield dan New Haven County di Connecticut.
    - Di GTC terdapat 68 toko fashion dan pernak-perniknya, 35 restoran dan hampir 100 kedai makanan juga kedai-kedai penjual suvenir yang bisa diburu para wisatawan sebagai oleh-oleh maupun koleksi pribadi. Stasiun yang memiliki gaya arsitektur Beaux-Arts ini buka setiap hari dari pukul 05.30-02.00 waktu setempat.
    - Selain sebagai stasiun dan tempat wisata, Grand Central Terminal juga dipakai dalam beberapa pembuatan film dan TV selama bertahun-tahun. Beberapa film yang pernah dibuat di Grand Central Terminal yaitu:  Superman, Men in Black, The Prince of Tide, Conspiracy Theory, The Cotton Club, Falling in Love,  Arthur dan banyak lagi lainnya.
Sumber Foto : grandcentralterminal.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×