kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.334   71,00   0,46%
  • IDX 7.844   31,64   0,41%
  • KOMPAS100 1.191   6,50   0,55%
  • LQ45 964   4,80   0,50%
  • ISSI 228   0,99   0,44%
  • IDX30 492   3,09   0,63%
  • IDXHIDIV20 592   1,65   0,28%
  • IDX80 135   0,82   0,61%
  • IDXV30 139   -0,04   -0,03%
  • IDXQ30 164   0,68   0,41%

7 Tips Jitu Mengatur Keuangan dari Miliarder Bill Gates


Senin, 09 September 2024 / 13:17 WIB
7 Tips Jitu Mengatur Keuangan dari Miliarder Bill Gates
ILUSTRASI. Bill Gates, pendiri Microsoft, miliarder, dan salah satu filantropis paling terkenal di dunia, telah melalui berbagai tantangan finansial dan berhasil mengatasinya. Justin Tallis//Pool via REUTERS


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bill Gates, pendiri Microsoft, miliarder, dan salah satu filantropis paling terkenal di dunia, telah melalui berbagai tantangan finansial dan berhasil mengatasinya.

Dengan kekayaan bersih mencapai US$128 miliar menurut Forbes' Real Time Billionaires List, Gates selalu siap memberikan nasihat tentang uang dan kehidupan.

Mengutp gobankingrates.com, berikut adalah 7 tips jenius dari Bill Gates yang bisa kita pelajari dan terapkan.

1. Hemat Seperti Seorang Pesimis, Investasi Seperti Seorang Optimis

Gates tidak menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan mempertaruhkan semuanya. Sebaliknya, ia selalu berhati-hati dalam menyimpan cadangan dana. Saat memulai Microsoft, Gates memastikan memiliki cadangan uang tunai untuk menjaga bisnis tetap berjalan.

"Saya selalu khawatir karena orang-orang yang bekerja untuk saya lebih tua dan memiliki anak," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Ellen DeGeneres pada 2017.

Baca Juga: 9 Money Lessons yang Dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett

Bagaimana Anda bisa menerapkannya?

Jaga keuangan Anda dengan bersikap pesimis dalam jangka pendek—siapkan dana darurat. Namun, tetap optimis dalam berinvestasi jangka panjang. Investasikan uang Anda pada aset yang memberi hasil positif dalam jangka panjang, seperti saham atau bisnis.

2. Investasi pada Keterampilan dan Pendidikan

Meskipun Gates adalah seorang dropout dari Harvard, ia sangat menekankan pentingnya pendidikan. Dalam sesi Reddit AMA tahun 2014, seseorang bertanya tentang saran keuangan terbaiknya untuk mereka yang berpenghasilan di bawah US$100,000 per tahun. Jawabannya: "Investasi pada pendidikan Anda."

Bagaimana Anda bisa menerapkannya?

Investasikan waktu dan uang dalam memperdalam keterampilan Anda. Pendidikan, baik formal maupun informal, adalah investasi jangka panjang yang akan membuka lebih banyak peluang dan meningkatkan potensi penghasilan Anda.

Baca Juga: Wahai Anak Muda! Ini 10 Aturan Bila Ingin Kaya Ala Warren Buffett

3. Kesabaran Itu Penting

Dalam bukunya yang berjudul The Road Ahead (1995), Gates menulis, “Kita selalu melebih-lebihkan perubahan yang akan terjadi dalam dua tahun dan meremehkan perubahan yang akan terjadi dalam sepuluh tahun.”

Bagaimana Anda bisa menerapkannya?

Saat berinvestasi atau mencapai tujuan pribadi, bersabarlah. Keberhasilan sering kali membutuhkan waktu dan banyak proses. Hindari membuat keputusan impulsif berdasarkan fluktuasi jangka pendek.

4. Belajar dari Kesalahan

Salah satu kutipan terkenal dari Gates adalah: "Tidak masalah merayakan kesuksesan, tetapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran dari kegagalan." Kegagalan bukanlah sesuatu yang harus dipermalukan, melainkan kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya?

Dalam setiap kegagalan, ambil waktu untuk menganalisis apa yang bisa diperbaiki. Lihat keluhan atau masalah sebagai kesempatan untuk meningkatkan diri atau bisnis Anda.

Baca Juga: Ini 5 Buku yang Sangat Memengaruhi Kesuksesan Warren Buffett

5. Ukur Kemajuan dan Tujuan

Gates adalah pendukung besar dari pengukuran kemajuan. Dalam surat tahunan Bill & Melinda Gates Foundation tahun 2013, ia menulis, “Anda dapat mencapai kemajuan luar biasa jika menetapkan tujuan yang jelas dan menemukan ukuran yang dapat mendorong kemajuan menuju tujuan tersebut.”

Bagaimana Anda bisa menerapkannya?

Buatlah tujuan keuangan dan pribadi yang spesifik dan terukur. Dengan cara ini, Anda dapat melacak kemajuan Anda dan membuat penyesuaian di sepanjang jalan untuk memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar.

6. Berbagi dan Memberi

Bill Gates dikenal tidak hanya karena bisnisnya, tetapi juga filantropinya. Ia bertekad untuk memberikan sebagian besar kekayaannya kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

"Saya punya kewajiban untuk mengembalikan sumber daya saya kepada masyarakat dengan cara yang memiliki dampak terbesar untuk mengurangi penderitaan dan meningkatkan kehidupan," tulisnya di X (dulu Twitter).

Bagaimana Anda bisa menerapkannya?

Berikan kontribusi kepada masyarakat dengan cara yang bermakna. Apakah itu dengan waktu, uang, atau keterampilan Anda, berbagi dengan orang lain dapat membantu menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Baca Juga: Warren Buffett Bisa Menghasilkan US$1 Triliun Berkat 1 Langkah Investasi Ini

7. Buat Dampak Global

Gates selalu percaya bahwa kita harus meninggalkan dunia dalam kondisi yang lebih baik daripada saat kita menemukannya. Dalam situs web yayasannya, ia berbicara tentang visinya untuk menciptakan "dunia di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk menjalani kehidupan yang sehat dan produktif."

Bagaimana Anda bisa menerapkannya?

Temukan cara untuk memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat global, baik melalui pekerjaan, filantropi, atau investasi sosial. Upaya kecil Anda bisa membawa dampak besar bagi generasi mendatang.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×