kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.334   71,00   0,46%
  • IDX 7.844   31,64   0,41%
  • KOMPAS100 1.191   6,50   0,55%
  • LQ45 964   4,80   0,50%
  • ISSI 228   0,99   0,44%
  • IDX30 492   3,09   0,63%
  • IDXHIDIV20 592   1,65   0,28%
  • IDX80 135   0,82   0,61%
  • IDXV30 139   -0,04   -0,03%
  • IDXQ30 164   0,68   0,41%

9 Money Lessons yang Dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett


Senin, 09 September 2024 / 13:08 WIB
9 Money Lessons yang Dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett dikenal sebagai salah satu investor tersukses di dunia.


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett dikenal sebagai salah satu investor tersukses di dunia.

Mengutip gobankingrates.com, pelajaran-pelajaran yang ia bagikan tentang manajemen keuangan tidak hanya berharga bagi mereka yang baru memulai, tetapi juga bagi sosok seperti Bill Gates, seorang miliarder yang telah banyak belajar dari Buffett.

Ini menegaskan pentingnya pembelajaran sepanjang hayat dalam hal pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Wahai Anak Muda! Ini 10 Aturan Bila Ingin Kaya Ala Warren Buffett

1. Tidak Pernah Tahu Nilai Seseorang Sebelum Mengenalnya

Pada awalnya, Bill Gates ragu untuk bertemu dengan Buffett pada tahun 1991. Saat ibunya menyarankan pertemuan tersebut, Gates berpikir, “Dia hanya membeli dan menjual kertas. Itu bukan nilai tambah nyata.” Namun, setelah pertemuan pertama itu, Gates terkejut dan mereka akhirnya menjadi sahabat dekat.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Jangan cepat menilai seseorang sebelum berbicara dengannya. Setiap hubungan yang Anda bangun dapat membantu Anda maju, baik di lingkungan kerja maupun di acara-acara networking. Mengembangkan hubungan dengan orang lain dapat membuka peluang yang mungkin belum Anda bayangkan sebelumnya.

2. Pentingnya Mengajukan Pertanyaan yang Tepat

Gates mengingat betapa bagusnya pertanyaan yang diajukan oleh Buffett selama diskusi pertama mereka. Buffett menggunakan pertanyaan yang cermat untuk mengevaluasi pasar dan orang-orang.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Kualitas pertanyaan yang Anda ajukan akan memengaruhi arah hidup Anda. Dalam hal investasi dan perencanaan keuangan, selalu tanyakan dan evaluasi setiap keputusan yang Anda buat.

Ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dan lebih terarah di masa depan. Selain itu, memperbaiki kualitas pertanyaan yang Anda ajukan akan memberi Anda wawasan yang lebih mendalam.

Baca Juga: Wahai Anak Muda! Ini 10 Aturan Bila Ingin Kaya Ala Warren Buffett

3. Berada di Sekitar Orang yang Lebih Pintar dari Anda

Buffett sering mengatakan bahwa Anda akan bergerak ke arah orang-orang yang Anda ajak bergaul. Gates selalu mengingat nasihat ini ketika memilih siapa yang akan ia masukkan ke lingkaran dalamnya.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Jika Anda ingin maju dalam karier atau membuat investasi yang lebih cerdas, cobalah untuk belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman. Mencari mentor atau bekerja sama dengan orang yang lebih pintar akan mempercepat pertumbuhan Anda.

4. Kejujuran terhadap Pemegang Saham

Buffett dikenal karena surat tahunannya kepada pemegang saham, yang menginspirasi Gates untuk memulai surat tahunannya sendiri untuk yayasannya. Kejujuran dan keterbukaan adalah prinsip utama dalam berinvestasi maupun menjalankan organisasi.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Akuntabilitas adalah elemen penting dalam pertumbuhan karier dan investasi Anda. Anda perlu terbuka tentang kemajuan dan tantangan yang Anda hadapi, serta jujur dalam menilai diri sendiri. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.

Baca Juga: Ini 5 Buku yang Sangat Memengaruhi Kesuksesan Warren Buffett

5. Mengabaikan Kebisingan Pasar

Buffett telah memberitahu Gates bahwa penting untuk mengabaikan hiruk-pikuk pasar daripada mengikutinya. Menurut Buffett, pemegang saham harus bertindak seolah-olah mereka memiliki seluruh bisnis, fokus pada keuntungan masa depan dan nilai perusahaan.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Saat berinvestasi, hindari mengikuti tren sementara yang mungkin tidak cocok untuk situasi Anda. Ketahui cara memfilter informasi yang Anda terima, terutama dalam iklim di mana spekulasi seperti mata uang kripto dan NFT sering mendominasi percakapan.

Fokuslah pada investasi yang menawarkan keuntungan jangka panjang, bukan yang sekadar mengikuti tren sesaat.

6. Manfaatkan Waktu dengan Bijak

Salah satu pelajaran terbesar yang dipelajari Gates dari Buffett adalah pentingnya melindungi waktu. Buffett dikenal karena tidak membiarkan jadwalnya dipenuhi oleh pertemuan yang tidak berguna.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Lindungi waktu Anda dan tetapkan batasan dalam pekerjaan. Jangan biarkan rekan kerja mengambil waktu Anda untuk pertemuan yang tidak produktif. Dalam hal investasi, luangkan waktu untuk mempelajari perusahaan dan dana yang ingin Anda investasikan. Fokus pada pengembalian investasi waktu yang maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Kekayaan dengan Cepat Ala Warren Buffett

7. Temukan Penasihat Pribadi Anda

Buffett dikenal sebagai orang yang sangat dermawan dengan waktunya kepada orang-orang yang ia percaya. Dia telah menemukan penasihat pribadi yang ia andalkan untuk memberikan nasihat.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Cari mentor, teman, atau mitra akuntabilitas yang bisa Anda andalkan untuk bimbingan. Setiap tahap dalam hidup Anda akan membawa tantangan baru, dan memiliki penasihat yang dapat membantu Anda ketika menghadapi kesulitan sangat penting.

8. Berani Bertindak dengan Penuh Keyakinan

Dalam surat tahunannya pada tahun 2020, Gates mengungkapkan bahwa Buffett pernah memberitahunya untuk "swing for the fences" atau bertindak dengan penuh keyakinan dalam hal filantropi.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Tetapkan tujuan besar dan arahkan sebanyak mungkin sumber daya finansial Anda untuk mencapainya. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan potensi pengembalian dan dampak dari keputusan yang Anda buat.

Baca Juga: Warren Buffett Jadi Inspirasi Bill Gates di Usia Senjanya: Pensiun Bukan Opsi Menarik

9. Nilai Pengalaman

Gates menekankan pentingnya pengalaman, sesuatu yang selalu ditekankan oleh Buffett. Sistem yang diterapkan Buffett di Berkshire Hathaway mengandalkan orang-orang yang berpengalaman menjalankan bisnis dengan otonomi selama puluhan tahun.

Bagaimana Anda bisa menerapkannya? Pilih penasihat keuangan, akuntan, atau perusahaan yang memiliki rekam jejak yang terbukti. Pengalaman adalah aset yang sangat berharga dalam memberikan arahan terbaik untuk uang Anda. Pilihlah mitra yang sudah teruji oleh waktu dan memiliki kemampuan untuk menawarkan nasihat yang tepat.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×