kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,08   -10,42   -1.13%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Perjalanan Kim Jong Un ke Luar Negeri sejak Menjabat Tahun 2011


Rabu, 06 September 2023 / 07:11 WIB
9 Perjalanan Kim Jong Un ke Luar Negeri sejak Menjabat Tahun 2011


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diperkirakan akan mengunjungi kota pelabuhan Vladivostok di timur jauh Rusia dengan kereta lapis baja bulan ini untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Kemungkinan besar, pertemuan keduanya untuk membahas penyediaan senjata bagi Rusia demi perangnya dengan Ukraina.

Perjalanan tersebut, yang belum dikonfirmasi secara resmi, akan menjadi kunjungan pertamanya ke luar negeri dalam lebih dari empat tahun dan yang pertama sejak pandemi virus corona.

Melansir Reuters, perjalanan sejauh lebih dari 1.000 km (600 mil) ke Vladivostok melintasi perbatasan dengan Rusia kemungkinan akan memakan waktu hampir satu hari penuh, mengingat jaringan kereta api di Utara yang masih kuno.

Meskipun Kim lebih sering melakukan perjalanan ke luar negeri dibandingkan ayahnya, Kim Jong Il, sebagai pemimpin, perjalanan Kim sering kali diselimuti kerahasiaan dan pengamanan ketat. 

Berbeda dengan ayahnya yang disebut-sebut enggan terbang, Kim justru menerbangkan jet pribadi buatan Rusia untuk beberapa perjalanannya.

Pada tahun 2004, terjadi ledakan besar di stasiun kereta api dekat perbatasan China setelah Kim Jong Il meninggal dalam kereta api saat kembali dari China, menewaskan lebih dari 100 orang. Penyebabnya, dan apakah ini merupakan upaya pembunuhan, tidak pernah dikonfirmasi.

Baca Juga: Kim Jong Un Diprediksi Akan Temui Putin untuk Bicarakan Kesepakatan Senjata

Berikut kunjungan luar negeri Kim Jong Un sejak menjabat pada tahun 2011.

1. 25-28 Maret 2018: 

Kim melakukan perjalanan luar negeri pertamanya sebagai pemimpin. Kim mengunjungi China, sekutu politik utama dan penyumbang ekonomi Korea Utara. Dia melakukan perjalanan ke Beijing dengan kereta khusus dan mengadakan pertemuan puncak dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Menurut Media resmi Korea Utara dan analis Korea Selatan, kereta tersebut, dengan cat hijau khasnya, diyakini memuat lebih dari 20 gerbong lapis baja dan dilengkapi dengan sistem komunikasi dan kabin khusus untuk Kim dengan interior putih cerah tempat ia terlihat bekerja dan mengadakan pertemuan dengan para pembantunya.

2. 27 April 2018: 

Kim melintasi perbatasan antar-Korea di desa gencatan senjata Panmunjom untuk pertemuan puncak dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Ini adalah kali pertama pemimpin Korea Utara menginjakkan kaki di Korea Selatan, pertemuan puncak pertama Kim dengan pemimpin Korea Selatan, dan pertemuan ketiga yang pernah dilakukan pemimpin Korea Utara. 

Kedua negara berjanji untuk meningkatkan hubungan, mengakhiri konfrontasi militer dan membawa perdamaian serta kesejahteraan bersama.

Baca Juga: Kim Jong-un Bakal Segera Kunjungi Vladimir Putin, Apa Tujuannya?




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×