kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,59   4,99   0.50%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada dewa baru di India, namanya Dewi Corona


Jumat, 24 Juli 2020 / 07:07 WIB
Ada dewa baru di India, namanya Dewi Corona
ILUSTRASI. Warga India menjalani tes untuk deteksi virus corona. REUTERS/Adnan Abidi TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Asansol. Pandemi virus corona memunculkan dewi baru di India. Dewi tersebut adalah Dewi Corona atau Corona Mai. 

Sekelompok warga di West Bengal, India, dilaporkan memuja Corona Mai atau " Dewi Corona", salah satu cara supaya wabah Covid-19 berakhir. Sekelompok perempuan itu disebut mendirikan sebuah kuil kecil yang berlokasi di tepi kolam Chinnamasta, dekat kota Asansol.

Baca juga: Begini kondisi Raja Salman pasca jalani operasi laparoskopi

Dalam laporan media India, mereka mulai bernyanyi, berdoa, membakar dupa, dan menawarkan sajian mulai dari buah hingga ghee (sejenis mentega dari susu kerbau). Para perempuan itu menyatakan, mereka akan terus menyembah dan memanjatkan doa ke "Dewi Corona" hingga wabah Covid-19 terangkat. "Nyanyian dan doa akan memberi kelegaan hingga sang dewi mencabut virus ini selamanya," jelas salah satu pengikut kepada The Hindu.

Dilansir Oddity Central Rabu (22/7/2020), para pemuja sang dewi adalah wanita yang berusia antara awal 20 hingga hampir mendekati 80 tahun. Dalam pandangan mereka, salah satu cara untuk menyudahi virus corona ini adalah terus memanjatkan doa kepada sang dewi hingga dia puas. "Kami sudah memutuskan untuk memuja sang dewi mulai dari Senin hingga Jumat hingga beliau merasa puas," kata pengikut berusia 56 tahun.

Selain di dekat Asansol, penyembahan terhadap dewi itu juga dilakukan seorang pria di Negara Bagian Kerala juga mendirikan kuil untuk Corona Mai. Berbeda dengan perempuan di Asansol, Anilan Muhoortham, nama pria itu, mendirikan kuil yang lebih bagus untuk "dewi coronavirus".

"Saya sudah membangun tempat ini untuk Dewi Virus Corona berdasarkan kebebasan beragama saya yang dijamin konstitusi," ujar Muhoortham.

Tak hanya bagi sang dewi, lelaki asal Kadakkal tersebut juga menyebut kuil itu untuk mendoakan bagi tenaga kesehatan hingga juirnalis yang terus bertarung di tengah pandemi.

Baca juga: virus corona ditemukan lagi di Gedung Putih, bagaimana nasib Presiden Donald Trump?

Memuja sang dewi, Muhoortham mengaku masih memperhatikan protokol kesehatan seperti social distancing. Jadi, dia tak membiarkan sembarang orang masuk. Jika ada orang yang hendak bersembahyang kepada sang dewi, mereka bisa melakukannya lewat pos, atau menelepon Muhoortham agar melakukan prasad (pemanjatan doa).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Wabah Covid-19 Berakhir, Warga di India Puja "Dewi Corona"", 

Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo




TERBARU

[X]
×