kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Perayaan Imlek, Tingkat Konsumsi di China Ikut Terdongkrak


Selasa, 01 Februari 2022 / 16:33 WIB
Ada Perayaan Imlek, Tingkat Konsumsi di China Ikut Terdongkrak
ILUSTRASI. Orang-orang berpose untuk foto di gang yang dihiasi dengan lentera menjelang Tahun Baru Imlek, di Beijing, Cina, Sabtu (29/1/2022). REUTERS/Tingshu Wang


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Perayaan tahun baru Imlek telah mendorong tingkat konsumsi di China. Hingga tahun 2021, Kementerian Perdagangan mencatat nilai konsumsi di China mencapai US$ 127 baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi maupun belajar terkait Imlek. 

Bloomberg, Senin (1/2), melaporkan bahwa angka konsumsi tersebut meningkat 29% dari realisasi 2020. Walau naik, angka tersebut justru turun dari capaian 2019 yakni sebesar US$ 158 miliar.

Dengan perbaikan itu, diperkirakan konsumsi akan menanjak walau ada pembatasan mobilitas, khususnya di Hong Kong dan Singapura. Tanda - tanda pemulihan terlihat dari aktivitas bisnis dan makanan yang mulai bergeliat.

Misalnya saja, aktivitas tradisi makanan Fei Ye Ye di Chinatown Food Complex Singapura. Salah satunya, penjualan yu sheng atau salad ikan tradisional yang meriah di perayaan Imlek. 

Baca Juga: FBI: Ancaman China Saat Ini Lebih Berani dan Lebih Merusak

Soo Mei Leong, yang mengelola kios bersama suaminya, mengantisipasi peningkatan 30% dalam penjualan Tahun Baru Imlek dari tahun 2021. Lebih signifikan lagi, dia juga memproyeksikan penjualan tersebut bisa 10% lebih tinggi daripada sebelum pandemi. “Kami melayani empat hingga lima orang pembeli dengan sangat cepat,” kata Leong dalam sebuah wawancara video.

Menurut Leong, penjualan yu sheng untuk ukuran pesta bagi 20 atau 30 orang justru tidak begitu bagus karena ada pembatasan mobilitas. Alhasil, hanya bisa menerima maksimal lima orang pengunjung per hari. 

Kenry Peh, pembuat teh di Pek Sin Choon Pte mengatakan, penjualan melonjak dari 20% menjadi 25% karena pesanan secara daring yang lebih populer dan sebagai upaya mengantisipasi penularan Covid-19. 

“Cara dan sarana bisnis sekarang adalah ke arah online. Namun cara tradisional, untuk berinteraksi melalui secangkir teh membantu selama periode waktu ini,” kata Peh.

Perayaan Imlek secara Virtual terus memperkuat bisnis online seperti platform pesan-antar makanan Oddle. Penjualan dan pesanan pesan antar di Singapura telah meningkat dua kali lipat pada Tahun Baru Imlek ini vs tahun lalu di tengah pembatasan makan dan menjamu lima orang, menurut Sylvia Ong, kepala pemasaran. 

Baca Juga: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau Positif Covid-19 tapi Baik-Baik Saja

Ukuran keranjang rata-rata tetap konsisten, sekitar S$ 110 hingga S$ 120 (US$ 81 hingga US$ 89), meskipun perayaan tahun ini telah dibatasi dari delapan orang menjadi lima orang. Singapura adalah pasar terbesar Oddle, atau mewakili 60% hingga 70% dari bisnisnya. Ong melaporkan pertumbuhan yang kuat di Taiwan dan Hong Kong.

Raffles Hotel Singapore telah menikmati peningkatan signifikan sejak awal pandemi. Frederic Serol, asisten manajer eksekutif makanan dan minuman hotel, mengatakan, permintaan meningkat untuk empat jenis yu sheng termasuk S$222 Prosperity yu sheng dengan tuna sashimi dan ham Iberico. 

Hotel-hotel kelas atas melihat permintaan yang lebih besar untuk pemesanan Imlek secara langsung sejak awal pandemi. Jade, restoran Cina kelas atas di Fullerton Hotel & Resort di Singapura, telah dipesan penuh untuk makan malam reuni pada malam, hari pertama, dan hari kedua Imlek.

Namun, tidak setiap perayaan tahun ini akan menampilkan hidangan tradisional seperti yu sheng. Pakar wiski malt tunggal Glenfiddich akan meluncurkan 200 token non-fungible (NFT) Imlek edisi terbatas dan akan tersedia di BlockBar.com mulai 1 Februari seharga 0,15 Ether, atau sekitar US$ 390.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×