kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FBI: Ancaman China Saat Ini Lebih Berani dan Lebih Merusak


Selasa, 01 Februari 2022 / 13:32 WIB
FBI: Ancaman China Saat Ini Lebih Berani dan Lebih Merusak
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden berbicara secara virtual dengan pemimpin China Xi Jinping dari Gedung Putih di Washington, AS, 15 November 2021.


Sumber: AP | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Direktur FBI Christopher Wray pada Senin (31/1) malam mengakui, saat ini ancaman dari China terasa lebih berani dan merusak dari sebelumnya, menyoroti upaya dalam mencuri informasi dan melakukan serangan dunia maya.

Kepala FBI menegaskan, AS akan terus menganggap China sebagai ancaman terbesar bagi keamanan ekonomi negara, bahkan ketika masalah Rusia dan Ukraina terus berkembang saat ini.

Dilansir dari Associated Press, Wray bilang, saat ini FBI bisa membuka kasus baru untuk melawan operasi intelijen China setiap 12 jam. Pemerintah China disebut semakin rajin mencuri data pribadi dan perusahaan.

"Saat menghitung penyelidikan kami, ada lebih dari 2.000 di antaranya berfokus pada pemerintah China yang mencoba mencuri informasi atau teknologi kami. Tidak ada negara lain yang memberikan ancaman lebih luas terhadap ide, inovasi, dan keamanan ekonomi kita selain China," kata Wray.

Baca Juga: Biden: Qatar Harus Menjadi Sekutu Utama Non-NATO untuk AS

Berbicara di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan, Wray menyebut perusahaan China saat ini semakin maju dengan teknologi yang didapat secara ilegal. Di saat yang bersamaan, perusahaan dan pekerja AS terus dibuat semakin tertinggal.

"Kerugian itu, seperti kegagalan perusahaan dan kehilangan pekerjaan, telah dibangun China selama satu dekade. Ini adalah kerugian yang dirasakan di seluruh negeri, oleh pekerja di berbagai industri," lanjut Wray.

Tajamnya tuduhan AS ini tentunya telah berulang kali dibantah oleh China. Pada Juli tahun lalu, Kedutaan China di Washington mengatakan, AS telah melemparkan pernyataan yang tidak berdasar dan fitnah kejam tentang serangan siber. 

Lebih berani dan lebih merusak

Wray, yang memimpin FBI sejak 2017, menyatakan, ancaman dari China saat ini sudah sampai ke tahap yang baru dan lebih berani.

Baca Juga: Hubungi Jokowi, Xi Jinping Berharap Hubungan China dan Indonesia Semakin Erat




TERBARU

[X]
×