kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Ahli Militer Bingung: Angkatan Udara Rusia Tampil Buruk, Ukraina Melampaui Harapan


Rabu, 02 Maret 2022 / 06:08 WIB
Ahli Militer Bingung: Angkatan Udara Rusia Tampil Buruk, Ukraina Melampaui Harapan
ILUSTRASI. Sebelum invasi Rusia ke Ukraina, intelijen AS telah memperkirakan kemungkinan serangan sengit oleh Moskow. REUTERS/Gleb Garanich


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Sebelum invasi Rusia ke Ukraina, intelijen AS telah memperkirakan kemungkinan serangan sengit oleh Moskow yang akan dengan cepat memobilisasi kekuatan udara Rusia yang besar yang dikumpulkan militernya untuk mendominasi langit Ukraina.

Melansir Reuters, akan tetapi, selama enam hari pertama, Moskow bertindak jauh lebih hati-hati dengan kekuatan udaranya. Kondisi itu membuat para pejabat AS tidak dapat secara tepat menjelaskan apa yang mendorong perilaku Rusia tersebut.

“Mereka belum tentu mau mengambil risiko tinggi dengan pesawat mereka sendiri dan pilot mereka sendiri,” kata seorang pejabat senior pertahanan AS, yang berbicara dengan syarat anonim kepada Reuters.

Meski sangat kalah bersaing dengan militer Rusia dalam hal jumlah dan daya tembak, angkatan udara Ukraina sendiri masih terbang dan pertahanan udaranya masih dianggap layak. Ini menjadi sebuah fakta yang membingungkan para ahli militer.

Baca Juga: Presiden Ukraina ke Uni Eropa: Buktikan bahwa Anda Bersama Kami

Setelah serangan pembuka perang pada 24 Februari, para analis memperkirakan militer Rusia akan segera mencoba menghancurkan angkatan udara dan pertahanan udara Ukraina.

"Itu akan menjadi langkah selanjutnya yang logis dan diantisipasi secara luas, seperti yang terlihat di hampir setiap konflik militer sejak 1938," tulis think-tank RUSI di London, dalam sebuah artikel berjudul "Kasus Misterius Angkatan Udara Rusia yang Hilang."

Sebaliknya, jet tempur angkatan udara Ukraina masih melakukan serangan udara dan serangan darat tingkat rendah. Rusia masih terbang melalui wilayah udara yang diperebutkan.

Baca Juga: Presiden Ukraina ke Uni Eropa: Buktikan bahwa Anda Bersama Kami




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×