kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Airbus Berencana Rilis Pesawat Dengan Bahan Bakar Hidrogen pada 2035


Rabu, 06 September 2023 / 17:25 WIB
Airbus Berencana Rilis Pesawat Dengan Bahan Bakar Hidrogen pada 2035
ILUSTRASI. An employee works on an Airbus A330neo at the final assembly line at Airbus headquarters in Colomiers, near Toulouse, France, November 26, 2018. REUTERS/Regis Duvignau


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Produsen pesawat asal Prancis, Airbus berencana merilis pesawat yang bisa menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, sejalan dengan misi mengurangi emisi udara.

Presiden Airbus Asia-Pasifik Anand Stanley mengatakan, pihaknya menargetkan akan meluncurkan pesawat berbahan bakar hidrogen pada 2035 mendatang.

“Pada tahun 2035, kami sebagai Airbus telah berkomitmen untuk meluncurkan pesawat tanpa emisi, yang akan berbahan bakar hidrogen,” tutur Anand dalam agenda ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF), Rabu (6/9).

Baca Juga: Jalan Tikus agar Maskapai Penerbangan Rusia Tetap Bisa Terbang Saat Disanksi Barat

Adapun Anand mengungkapkan, sejak pertama kali meluncurkan pesawat pada 50 tahun lalu, saat ini Airbus berhasil menurunkan emisi karbon sebanyak 80% per kursi penumpang.

Saat ini, pesawat modern yang diluncurkan Airbus memiliki emisi antara 25% hingga 40% lebih rendah emisi per pesawat dibandingkan generasi sebelumnya yang ada 10 atau 15 tahun lalu.

Meski begitu, pihaknya menyadari bahwa pencapaian itu saja tidak lah cukup. Sehingga diperlukan  langkah lebih lanjut untuk memastikan pesawat buatan Airbus bisa tersertifikasi untuk bahan bakar berkelanjutan.

Baca Juga: Lion Air Siapkan Penerbangan Surabaya ke Arab Saudi 5 Kali dalam Seminggu

Dia menambahkan, saat ini pesawat Airbus sudah dapat menggunakan hingga 50% bahan bakar berkelanjutan. Sementara itu, ada tahun 2030, pihaknya diperkirakan akan mendapatkan sertifikasi 100% untuk menggunakan bahan bakar penerbangan berkelanjutan di semua pesawat buatan Airbus.

“Sekadar informasi, bahan bakar penerbangan berkelanjutan mengurangi emisi dalam siklus hidupnya sebesar 80%,” jelasnya.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×