kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhirnya, Arab Saudi memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya


Senin, 09 November 2020 / 04:40 WIB
Akhirnya, Arab Saudi memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya
ILUSTRASI. Arab Saudi memberi selamat kepada Joe Biden pada Minggu (8/11/2020) atas kemenangan pemilihannya. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Akhirnya, Arab Saudi memberi selamat kepada Joe Biden pada Minggu (8/11/2020) atas kemenangan pemilihannya, lebih dari 24 jam setelah ia mengalahkan Donald Trump. Trump memang memiliki hubungan pribadi dekat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Melansir Reuters, mantan wakil presiden AS Biden berjanji dalam kampanyenya untuk menilai kembali hubungan dengan kerajaan Saudi, dengan menuntut pertanggungjawaban lebih lanjut atas pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Istanbul di Riyadh dan menyerukan diakhirinya dukungan AS untuk perang Yaman.

Ketika negara-negara Arab lainnya berlomba untuk memuji penantang dari Partai Demokrat tersebut, penguasa de facto kerajaan Putra Mahkota Mohammed bin Salman tetap diam pada pemungutan suara AS.

Namun, kantor berita negara SPA melaporkan, pada pukul 1932 GMT pada hari Minggu, raja Arab Saudi Salman dan putranya, putra mahkota, memberi selamat kepada Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris karena memenangkan pemilihan presiden.

Baca Juga: Ini bunyi ucapan selamat Jokowi kepada Joe Biden yang memenangkan Pilpres AS

“Raja Salman memuji hubungan yang berbeda, bersejarah dan dekat antara kedua negara sahabat dan rakyat mereka yang semua orang ingin perkuat dan kembangkan di semua tingkatan,” kata SPA.

Hubungan Pangeran Mohammed dengan Trump telah memberikan penyangga terhadap kritik internasional atas catatan hak asasi Riyadh yang dipicu oleh pembunuhan Khashoggi, peran Riyadh dalam perang Yaman dan penahanan aktivis wanita.

Area-area itu sekarang dapat menjadi titik gesekan antara Biden dan Arab Saudi, eksportir minyak utama dan pembeli senjata AS.

Baca Juga: Gitaris Queen turut ucapkan selamat atas kemenangan Joe Biden

"Satu-satunya hal yang lebih buruk dari Covid-19 adalah Biden-20," tulis pengguna Twitter Saudi, Dr Muna, sementara banyak pengguna platform media sosial Saudi lainnya mengabaikan hasilnya pada jam-jam awal setelah jaringan AS menyerukan pemilihan untuk Biden.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×