kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aktivitas Pabrik di China Tiba-Tiba Mendingin di Bulan April 2023


Minggu, 30 April 2023 / 14:57 WIB
Aktivitas Pabrik di China Tiba-Tiba Mendingin di Bulan April 2023
Karyawan bekerja di sebuah pabrik Renesas Semiconductor Co. saat pemerintah menyelenggarakan tur fasilitas menyusul penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Beijing, China, Kamis (14/5/2020). Aktivitas Pabrik di China Tiba-Tiba Mendingin di April.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Data resmi pemerintah, pada Minggu (30/4), menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur China secara tak terduga menyusut pada bulan April. Kondisi ini meningkatkan tekanan pada pembuat kebijakan yang berusaha untuk meningkatkan ekonomi pasca Covid-19, di tengah melemahnya permintaan global dan pasar properti yang lesu terus menerus.

Biro Statistik Nasional mencatat indeks manajer pembelian manufaktur resmi (PMI) China turun menjadi 49,2 dari 51,9 pada bulan Maret. Angka tersebut di bawah tanda 50 poin yang memisahkan ekspansi dan kontraksi dalam aktivitas bulanan.

Itu meleset dari ekspektasi 51,4 yang diperkirakan oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters dan menandai kontraksi pertama sejak Desember, ketika PMI manufaktur resmi berada di 47,0.

Baca Juga: India Diprediksi Jadi Negara Terpadat di Dunia Pada Akhir April 2023

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal pertama berkat konsumsi jasa yang kuat, tetapi output pabrik tertinggal di tengah pertumbuhan global yang lemah. Harga yang melambat dan tabungan bank yang melonjak menimbulkan keraguan tentang permintaan.

Politbiro, badan pembuat keputusan tertinggi dari Partai Komunis yang berkuasa, pada hari Jumat menekankan bahwa memulihkan dan memperluas permintaan adalah kunci untuk pemulihan yang tahan lama dan memperingatkan perbaikan saat ini terutama bersifat restoratif "dengan momentum yang lemah dan permintaan yang tidak mencukupi".

"Kurangnya permintaan pasar dan efek basis tinggi dari pemulihan manufaktur yang cepat pada kuartal pertama" adalah salah satu faktor yang menyebabkan kontraksi pada bulan April, kata ahli statistik senior NBS, Zhao Qinghe.

Pesanan ekspor baru turun tipis menjadi 47,6 dari 50,4 pada bulan Maret, PMI menunjukkan.

Sektor manufaktur, yang mempekerjakan sekitar 18% tenaga kerja China, tetap berada di bawah tekanan karena permintaan global yang melemah. Beberapa eksportir mengatakan kepada Reuters di pameran perdagangan terbesar negara itu bahwa mereka telah membekukan investasi dan beberapa telah memotong biaya tenaga kerja sebagai tanggapan.

Baca Juga: Sambil Gencar Ekspansi, Chandra Asri (TPIA) Kembali Membidik Laba Tahun ini

Untuk meningkatkan perdagangan dan lapangan kerja, kabinet minggu lalu meluncurkan rencana, termasuk mendukung ekspor otomotif, memfasilitasi visa bagi pebisnis di luar negeri dan memberikan subsidi kepada perusahaan yang mempekerjakan lulusan perguruan tinggi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×