kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi SIA, Nexi akan jadi perusahaan pembayaran terbesar di Eropa


Senin, 05 Oktober 2020 / 15:31 WIB
Akuisisi SIA, Nexi akan jadi perusahaan pembayaran terbesar di Eropa
ILUSTRASI. Logo Nexi. REUTERS/Alessandro Garofalo/File Photo


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MILAN. Nexi SpA dari Italia segera membeli SIA SpA. Kesepakatan itu akan menjadikan perusahaan tersebut sebagai salah satu penyedia platform pembayaran elektronik terbesar di Eropa dengan nilai kapitalisasi pasar senilai 15 miliar euro atau setara US$ 17,6 miliar. 

Nexi dan SIA yang dikendalikan oleh Italia Cassa Depositi e Prestiti (CDP) yang telah melakukan pembicaraan merger selama lebih dari satu setengah tahun karena adanya perbedaan harga dan tata kelola. 

Dengan kesepakatan itu, Nexi menggenggam sekitar 70% saham perusahaan gabungan dan SIA 30% saham. Pemegang saham SIA akan menerima 1.5761 saham Nexi untuk setiap saham SIA.

"CDP secara tidak langsung melalui Ekuitas CDP dan kendaraan investasi FSIA Investimenti, akan memiliki saham agregat di Grup baru sedikit lebih dari 25% dan Mercury akan memiliki saham sebesar 23%," kata manajamen dikutip dari Reuters, Minggu (4/10). 

Baca Juga: Playboy kembali ke pasar saham, merger dengan Mountain Crest senilai Rp 5,63 triliun

Dalam beberapa minggu terakhir, pembicaraan akuisisi semakin intensif setelah SIA mencapai kesepakatan untuk mempertahankan Italia UniCredit SpA sebagai klien utamanya, sebuah poin penting dalam menentukan penilaian. 

Perusahaan gabungan tersebut diperkirakan akan mengantongi pendapatan tahunan sekitar 1,8 miliar euro atau setara US$ 2,1 miliar dengan nilai pasar lebih dari 15 miliar euro dan menjadikannya salah satu dari 10 entitas yang terdaftar di Italia.

“Kombinasi keterampilan terbaik dalam teknologi dan inovasi dari tim Nexi dan SIA adalah kekuatan untuk lebih mengembangkan solusi yang lebih maju untuk semua bank mitra dan pelanggan,” kata Chief Executive Officer Nexi Paolo Bertoluzzo. 

Untuk saat ini, CEO SIA Nicola Cordone akan tetap memimpin perusahaan sampai kesepakatan itu rampung sebelum mengejar tantangan bisnis baru. 

Ke depan, perusahaan gabungan itu akan mempunyai pengguna dari dua juta pedagang dan 120 juta kartu sehingga berpotensi menjadi pesaing yang lebih kuat dari Worldline SA Prancis, yang Februari lalu baru saja mengakuisisi Ingenico Group SA senilai US$ 9,1 miliar.

SIA, yang sebagian besar dimiliki oleh pemerintah Italia melalui Cassa Depositi, menghitung Nexi dan UniCredit sebagai pelanggan terbesarnya. 

Pada Februari 2020, dewan direksi SIA menyetujui rencana untuk pencatatan setelah Nexi mengumpulkan US$ 2,3 miliar dalam IPO terbesar Eropa pada tahun lalu dari investor utamanya seperti Advent International, Bain Capital dan Clessidra SGR dengan 33% saham bersama.

Selanjutnya: Produksi batubara Bumi Resources (BUMI) per Agustus mencapai 6,9 juta ton




TERBARU

[X]
×