kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,98   12,59   1.44%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aliansi Modi Unggul, Tetapi Pasar Saham India Justru Memudar


Selasa, 04 Juni 2024 / 17:39 WIB
Aliansi Modi Unggul, Tetapi Pasar Saham India Justru Memudar
ILUSTRASI. Aliansi yang dipimpin oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, memenangkan mayoritas kursi . REUTERS/Anushree Fadnavis


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Aliansi yang dipimpin oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, memenangkan mayoritas kursi saat penghitungan suara pemilihan umum pada hari Selasa mencapai sekitar setengah jalan. Namun, hasil ini masih jauh dari ekspektasi besar yang diprediksi oleh jajak pendapat, menurut saluran-saluran TV.

Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin oleh Modi sendiri tidak berhasil mendapatkan mayoritas di parlemen yang beranggotakan 543 orang, sebagaimana tren yang ditunjukkan. Ketergantungan pada sekutu untuk membentuk pemerintahan dapat memicu ketidakpastian dalam pembuatan kebijakan, mengingat Modi telah memerintah dengan kekuasaan otoritatif selama dekade terakhir.

Partai nasionalis Hindu BJP meraih mayoritas suara saat mengambil alih kekuasaan pada tahun 2014, mengakhiri era pemerintahan koalisi yang tidak stabil di India, dan mengulang kesuksesan serupa pada tahun 2019.

Baca Juga: PM Inggris Rishi Sunak Umumkan Pemilu pada 4 Juli 2024

Kemungkinan bahwa Modi harus bergantung pada sekutu-sekutunya membuat pasar khawatir, dengan saham-saham yang jatuh tajam. Saham blue-chip NIFTY 50 (.NSEI) turun 4,8% dan S&P BSE Sensex (.BSESN) turun 4,7% pada pukul 08.33 GMT. Rupee juga mengalami penurunan tajam terhadap dolar dan imbal hasil obligasi acuan meningkat.

"Kemenangan yang lebih sempit dari perkiraan untuk aliansi Modi dapat menimbulkan keraguan tentang kemampuan pemerintah baru untuk mendorong reformasi politik yang sulit yang dianggap penting untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi India, yang sudah menjadi yang tercepat di dunia," kata Vasu Menon, direktur pelaksana strategi investasi di OCBC di Singapura.

"Namun demikian, fakta tetap bahwa aliansi yang dipimpin BJP masih akan memenangkan masa jabatan ketiga, yang berarti kesinambungan dalam infrastruktur pemerintah dan dorongan yang dipimpin oleh manufaktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Pasar melonjak pada hari Senin setelah exit polls pada tanggal 1 Juni memproyeksikan Modi dan BJP akan mencatatkan kemenangan besar, dan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang berkuasa diperkirakan akan mendapatkan mayoritas dua pertiga dan lebih banyak lagi.

Baca Juga: India Berpotensi Menggeser Posisi China Sebagai Motor Perekonomian Global pada 2028

Saluran-saluran TV menunjukkan bahwa NDA unggul di hampir 300 dari 543 kursi di parlemen, di mana 272 merupakan mayoritas sederhana, dengan sekitar setengah suara telah dihitung. Hasil lengkapnya kemungkinan akan keluar dalam beberapa jam lagi.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa BJP hanya mendapatkan kurang dari 250 kursi di mana NDA memimpin, dibandingkan dengan 303 kursi yang dimenangkannya pada tahun 2019.

Aliansi oposisi INDIA yang dipimpin oleh partai Kongres sentris Rahul Gandhi memimpin di lebih dari 220 kursi, lebih tinggi dari yang diperkirakan. Kongres sendiri memimpin di hampir 100 kursi, hampir dua kali lipat dari 52 kursi yang dimenangkannya pada tahun 2019 - sebuah lompatan mengejutkan yang diperkirakan akan meningkatkan posisi Gandhi.




TERBARU

[X]
×