kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Alibaba menantang Amazon di Eropa


Rabu, 08 Januari 2020 / 20:01 WIB
Alibaba menantang Amazon di Eropa
ILUSTRASI. Logo Alibaba Group.

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - HANGZHOU. Setelah bertahun-tahun riset, raksasa ritel asal Cina Alibaba akhirnya bakal masuk pasar Eropa. Banyak pebisnis kecil juga telah berbondong-bondong bergabung dengan platform AliExpress.

Dilaporkan Reuters, Rabu (8/1) penetrasi Alibaba di Eropa bakal menganggu bisnis Amazon. Sumber Reuters menyatakan Alibaba bakan telah menyiapkan imbalan yang lebih menarik agar para pemasok Amazon beralih ke AliExpress.

AliExpress dilaporkan telah mendekati sejumlah merek-merek ternama seperti Mango, Benetton, hingga grup mode asal Spanyol Tendam yang memiliki merek Cortifiel untuk turut menjajakan produk mereka di platformnya.

Baca Juga: Mengincar pasar China, Manchester United gandeng Alibaba

Namun, sumber Reuters lainnya bilang bahwa merek-merek tersebut merasa AliExpress tak cocok untuk memasarkan produk mereka seperti rok mini kulit imitasi berharga US$ 18, atau jaket batwing seharga US$ 14.

Seorang eksekutif yang menolak ajakan Alibaba menyatakan para pemasok ini butuh berada di lingkungan yang aspiratif. Sementara eksekutif lainnya menyatakan bahwa AliExpress belum mapan di Eropa.

Meski demikian Eksekutif AliExpress Wang Mingqiang dalam sebuah wawancara dengan Reuters mengatakan bahwa merek-merek asing tersebut sejatinya butuh waktu untuk lebih memahami platformnya.

“Kami memberikan ruang untuk para merek-merek tersebut membangun etalasenya sendiri di platform kami. Mereka bisa membuat laman perusahaan secara personal dengan gambar, dan video sebagaimana mereka mau,” kata Wang.

Sementara Benetton dan Tendam menolak untuk memberikan komentar, termasuk apakah mereka diajak bergabung oleh Alibaba. Adapun Mango hanya mengatakan pihaknya tak memasarkan produk di AliExpress, maupun di Amazon.




TERBARU

Close [X]
×