kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,65   -11,86   -1.27%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amerika janjikan bantuan Rp 28 triliun jika RI buka hubungan dengan Israel


Kamis, 24 Desember 2020 / 05:57 WIB
Amerika janjikan bantuan Rp 28 triliun jika RI buka hubungan dengan Israel
ILUSTRASI. AS) di bawah pemerintahan Donald Trump, menjanjikan bantuan pembangunan hingga US$ 2 miliar (Rp 28 triliun) jika Indonesia mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel. REUTERS/Cheriss May


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Amerika Serikat (AS) di bawah pemerintahan Donald Trump, menjanjikan bantuan pembangunan hingga US$ 2 miliar (Rp 28 triliun) jika Indonesia mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel. 

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh pejabat top pemerintahan Trump, Adam Boehler, kepada Bloomberg dan kemudian dipublikasikan pada Selasa (22/12/2020). 

Pernyataan Boehler kepada Bloomberg tersebut juga dikutip oleh media Israel, The Times of Israel. Boehler mengatakan, RI akan mendapat bantuan pembangunan mulai US$ 1 miliar (Rp 14 triliun) hingga US$ 2 miliar (Rp 28 triliun) jika mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel. 

Boehler merupakan CEO US International Development Finance Corporation (DFC), sebuah lembaga keuangan milik Pemerintah AS. 

Baca Juga: Indonesia tak berniat buka hubungan diplomatik dengan Israel

“Kami sedang membicarakannya dengan mereka (Indonesia),” kata Boehler kepada Bloomberg di Yerusalem. “Jika mereka siap, kami akan dengan senang hati, bahkan memberikan dukungan lebih berupa dukungan finansial,” sambung Boehler. 

Menjelang akhir masa jabatannya, pemerintahan Trump disebut getol mengupayakan agar negara-negara Arab membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Upaya tersebut dipimpin oleh penasihat senior Gedung Putih sekaligus menantu Trump, Jared Kushner. Boehler sendiri merupakan teman baik Kushner. 

Hingga saat ini, beberapa negara Arab telah membuka hubungan diplomatik dengan Israel, seperti Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AS Janjikan Bantuan Rp 28 Triliun jika Indonesia Buka Hubungan dengan Israel"
Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Selanjutnya: Penasihat militer Iran: Israel dan sekutu mencoba memicu perang besar-besaran!




TERBARU

[X]
×