kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa yang Bisa Dilakukan Kim Jong Un dengan Satelit Mata-Mata Terbang Barunya?


Kamis, 22 Desember 2022 / 08:02 WIB
Apa yang Bisa Dilakukan Kim Jong Un dengan Satelit Mata-Mata Terbang Barunya?
ILUSTRASI. Korut melakukan uji coba tahap akhir yang penting untuk pengembangan satelit mata-mata, yang ingin diselesaikan pada April 2023. KCNA via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Media pemerintah Korea Utara KCNA mengumumkan, negara itu melakukan uji coba tahap akhir yang penting untuk pengembangan satelit mata-mata, yang ingin diselesaikan pada April 2023.

Melansir Reuters, laporan itu dirilis sehari setelah militer Korea Selatan dan Jepang melaporkan peluncuran dua rudal balistik jarak menengah Korea Utara menuju pantai timurnya.

Menurut KCNA, Administrasi Pengembangan Dirgantara Nasional (NADA) Pyongyang melakukan tes di stasiun peluncuran satelit Sohae di barat laut untuk meninjau kemampuan pencitraan satelit, transmisi data, dan sistem kontrol darat.

Sebuah kendaraan yang membawa satelit tiruan, yang juga menyertakan kamera penuh warna beresolusi 20 meter, dua kamera multi-spektra, pemancar dan penerima gambar, perangkat kontrol, dan baterai penyimpanan, ditembakkan pada "sudut loft" 500 km (311 mil).

"Kami mengkonfirmasi indikator teknis penting seperti teknologi pengoperasian kamera di lingkungan luar angkasa, pemrosesan data dan kemampuan transmisi perangkat komunikasi, akurasi pelacakan dan kontrol sistem kontrol darat," kata juru bicara NADA seperti yang dilansir KCNA.

Baca Juga: Korea Utara Uji Coba Satelit Mata-Mata, Target Selesai April 2023

Juru bicara itu menyebut, tes tersebut sebagai "proses gerbang terakhir peluncuran satelit pengintaian" yang akan selesai pada April.

Laporan KCNA adalah berita terbaru tentang kemajuan Korea Utara dalam mengembangkan rudal dan hulu ledak nuklir sebagai pertahanan melawan musuh-musuhnya, AS, Jepang, dan Korea Selatan.

Mengutip Daily Beast, Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mencemooh klaim bahwa kamera satelitnya tidak sebagus yang diiklankan oleh orang Korea Utara. 

Pada hari Selasa, Kantor Berita Pusat Korea Pyongyang mengutip Kim Yo Jong mengatakan, "Ahli sangat tertarik untuk menemukan kesalahan orang lain sehingga mereka tidak bisa tidak membuat kata-kata yang tidak masuk akal."

"Pembicaraan seperti itu omong kosong,” kata Yo Jong.

Sementara itu, Korea Utara mengisyaratkan akan meluncurkan serangan rudal terhadap Jepang sebagai tanggapan atas perubahan kebijakan Jepang yang menyerukan serangan balik terhadap musuh-musuhnya. 

Korea Utara mengancam tindakan aktual untuk menunjukkan betapa banyak pihaknya prihatin dan tidak senang dengan langkah Jepang untuk mewujudkan ambisi yang tidak adil dan berlebihan.

AS dan Korea Selatan juga terlibat dalam sebuah langkah yang pasti akan menimbulkan semburan retorika dari Korea Utara. 

Dalam unjuk kekuatan terbesar di langit di atas dan di sekitar Korea Selatan, pembom siluman F22 dan B52 AS bergabung dengan F35 dan F15 Korea Selatan dalam apa yang menurut komando Amerika dan Korea Selatan adalah latihan yang direncanakan sebelumnya.

Baca Juga: Warga Jepang Menolak Kenaikan Tarif Pajak untuk Meningkatkan Anggaran Militer

Kemampuan satelit mata-mata Korea Utara

Pekan lalu, Korea Utara, di bawah pengawasan pemimpin Kim Jong Un, menguji apa yang disebutnya sebagai “motor berbahan bakar padat berdaya dorong tinggi” yang dirancang untuk mengeluarkan rudal dari persembunyiannya dan menuju landasan peluncuran sebelum satelit musuh melihatnya. 

Selain itu, motor yang ditingkatkan harus memastikan bahwa rudal, dengan atau tanpa nuklir, lebih mudah diarahkan ke sasarannya.

Motor berbahan bakar cair yang sekarang menggerakkan rudal Korea Utara ke luar angkasa bergerak lambat dari gua atau terowongannya dan oleh karena itu lebih mudah dilihat dari atas. Juga, siapa yang tahu persis di mana mereka akan mendarat dan meledak.

Daily Beast melaporkan, Korea Utara mengungkapkan kemajuan pesatnya sebagai ancaman militer ke kawasan itu beberapa hari setelah Jepang mengatakan pihaknya menggandakan anggaran militernya menjadi US$ 320 miliar dalam lima tahun sesuai kebutuhan untuk pertahanan melawan Korea Utara dan China.




TERBARU

[X]
×