kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apple bakal produksi mobil otonom pada tahun 2024


Selasa, 22 Desember 2020 / 16:52 WIB
Apple bakal produksi mobil otonom pada tahun 2024
ILUSTRASI. Logo Apple. REUTERS/Edgar Su


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Apple Inc bakal merambah ke industri otomotif. Perusahaan teknologi ini berencana membuat mobil otonom atau tanpa supir (self-driving) yang ditargetkan bakal mulai produksi tahun 2024.

Sumber Reuters yang mengetahui rencana itu mengungkapkan, Apple sebetulnya sudah memulai pengembangan pengembangan mobil swakemudi itu sejak tahun 2014 yang dikenal dengan nama proyek Titan. Namun, perusahaan menghentikan proyek untuk ditinjau ulang pada tahun 2017.

Doug Field, petinggi Apple yang pernah bekerja di Tesla, pernah meninjau kembali proyek itu tahun 2018 tetapi kemudian memberhentikan 190 orang dari anggota tim tersebut pada tahun 2019.

Baca Juga: Trump kembali usik perusahaan asal China, ini respons Beijing

Sejak tahun lalu, Apple disebut menjalankan kembali rencananya. Perusahaan ini berkeinginan memproduksi kendaraan otonom untuk pasar massal yang berbeda pesaingnya seperti  Alphabet's Waymo, yang telah membangun robo-taxi untuk mengangkut penumpang untuk layanan tumpangan tanpa pengemudi.

Dalam pengembangan mobil otonom itu, Apple mengedepankan teknologi baterai. Desain baterai baru akan dibuat harus bisa memangkas ongkos produksi baterai secara drastis dan meningkatkan jangkauan kendaraan. 

Apple akan menggunakan tipe monocell yang bisa memuat lebih banyak material aktif sehingga jangkauan mobil bisa lebih panjang. Apple kini sedang memeriksa lithium iron phosphate, yang tidak cepat panas sehingga relatif lebih aman dibandingkan dengan baterai lithium-ion.

Namun saat dikonfirmasi, juru bicara Apple menolak berkomentar. Apple juga disebut tengah mencari mitra luar untuk membangun elemen sistem, termasuk sensor lidar yang menyediakan mobil otonom dengan tampilan dunia 3-D secara real-time. Sensor lidar adalah pemindai jarak. Apple berencana untuk mengembangkan sendiri sensor lidar.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Sinovac asal China terbukti efektif dalam uji coba di Brasil

Belum diketahui pabrikan mana yang akan merakit mobil buatan Apple. Ada kemungkinan perusahaan ini bermitra dengan produsen mobil yang sudah mapan atau hanya menyediakan sistem kemudi otonom untuk dipakai di mobil buatan perusahaan otomotif tradisional. 

Membuat kendaraan otonom ini tentu tidak akan mudah bagi Apple karena belum pernah memproduksi mobil sebelumnya.Elok Musk saja butuh waktu 17 tahun mempersiapkan sehingga Tesla akhirnya bisa memproduksi mobil dan menghasilkan keuntungan.

Selanjutnya: Masih ada pandemi, begini gambaran anggaran belanja Saudi, Uni Eropa dan AS di 2021




TERBARU

[X]
×