kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS kembali tegaskan akan jatuhkan sanksi bagi siapapun yang ekspor senjata ke Iran


Senin, 19 Oktober 2020 / 12:03 WIB
AS kembali tegaskan akan jatuhkan sanksi bagi siapapun yang ekspor senjata ke Iran
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.


Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan menjatuhkan sanksi pada individu atau entitas mana pun yang membantu program senjata Iran.

Tindakan ini dinilai sebuah langkah semakin memperburuk ketegangan antara Washington dan Teheran.

“Selama 10 tahun terakhir, negara-negara menahan diri untuk tidak menjual senjata ke Iran di bawah berbagai tindakan PBB. Setiap negara yang sekarang menentang larangan ini akan dengan sangat jelas memilih untuk memicu konflik dan ketegangan dalam mempromosikan perdamaian dan keamanan, ”kata Pompeo dalam pernyataannya pada Minggu seperti dilansir CNBC, Senin (19/10).

"Setiap negara yang menjual senjata ke Iran memiskinkan rakyat Iran dengan memungkinkan pengalihan dana rezim dari rakyat dan menuju tujuan militer rezim," tambahnya.

Baca Juga: Gubernur Michigan Whitmer tuding Trump menghasut terorisme domestik

Ancaman itu muncul setelah embargo senjata PBB selama satu dekade terhadap Iran secara resmi berakhir Minggu sebagai bagian dari kesepakatan nuklir yang disepakati dengan kekuatan dunia pada 2015.

Kementerian Luar Negeri Iran mengumumkan bahwa "Republik Islam Iran dapat memperoleh senjata dan peralatan yang diperlukan dari sumber mana pun tanpa batasan hukum apa pun dan hanya berdasarkan kebutuhan pertahanannya." Namun, Teheran mengatakan tidak berniat untuk terus-menerus membeli senjata konvensional.

Di bawah embargo senjata PBB, ekspor "senjata konvensional tertentu ke Iran" dan "pengadaan senjata apa pun atau material terkait dari Iran" melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan dikenai sanksi.

Namun, Dewan Keamanan PBB menolak pada Agustus untuk mendukung upaya AS untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran. China dan Rusia memberikan suara menentang upaya Washington, sementara sekutu dekat AS seperti Inggris, Prancis, dan Jerman abstain. Hanya AS dan Republik Dominika yang memilih perpanjangan.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa China Berlakukan Aturan yang Bisa Membatasi Ekspor Barang Tertentu

Sebagai tanggapan, Amerika Serikat secara sepihak memberlakukan kembali sanksi PBB terhadap Teheran bulan lalu melalui proses snapback, yang sebelumnya dikatakan oleh anggota Dewan Keamanan PBB lainnya bahwa Washington tidak memiliki wewenang untuk mengeksekusi karena menarik diri dari kesepakatan nuklir pada 2018.

Pada minggu yang sama ketika AS memberlakukan kembali sanksi PBB, pemerintahan Trump bahkan meningkatkan taruhannya. Pompeo, diapit oleh Menteri Pertahanan Mark Esper, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Menteri Perdagangan Wilbur Ross, mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan sanksi kepada seluruh Kementerian Pertahanan Iran.

"Tidak peduli siapa Anda, jika Anda melanggar embargo senjata PBB terhadap Iran, Anda berisiko terkena sanksi," kata Pompeo dalam pidatonya pada 21 September. "Tindakan kami hari ini adalah peringatan yang harus didengar di seluruh dunia," tambahnya.

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×