AS Menyambut Baik Komentar Modi Terkait Perdamaian Antara Rusia-Ukraina

Rabu, 21 September 2022 | 13:49 WIB Sumber: Reuters
AS Menyambut Baik Komentar Modi Terkait Perdamaian Antara Rusia-Ukraina

ILUSTRASI. Amerika Serikat menyambut baik komentar Perdana Menteri India Narendra Modi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. REUTERS/Adnan Abidi


KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Amerika Serikat menyambut baik komentar Perdana Menteri India Narendra Modi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa sekarang bukan waktunya untuk perang, tanggapan publik paling tajam New Delhi terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Modi telah berbicara dengan Putin sejak perang dimulai pada Februari, mencari dialog dan pembicaraan damai, tetapi tanpa secara terbuka mengutuk perang tersebut. Rusia menjadi penyedia pertahanan terbesar India selama bertahun-tahun, Rusia sekarang menjadi pemasok besar minyak dan batubara juga.

"Saya pikir apa yang dikatakan Perdana Menteri Modi - pernyataan prinsip atas nama apa yang dia yakini benar dan adil - sangat disambut baik oleh Amerika Serikat," penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan pada konferensi pers pada hari Selasa.

Baca Juga: Kanselir Jerman: Putin Harus Sadar, Dia Tidak Bisa Memenangkan Perang di Ukraina

Semua negara harus mengikuti prinsip bahwa seseorang tidak dapat menaklukkan wilayah tetangganya dengan paksa, tambahnya.

"Kami ingin melihat setiap negara di dunia membuat kasus itu," kata Sullivan.

"Mereka dapat melakukannya di depan umum jika mereka mau. Mereka dapat melakukannya secara pribadi jika mereka mau. Tetapi mengirimkan pesan yang jelas dan tidak salah lagi ke Moskow saat ini adalah hal terpenting yang menurut saya dapat kita lakukan secara kolektif untuk menghasilkan perdamaian di kawasan itu," tambahnya.

Di sela-sela konferensi di Uzbekistan pada hari Jumat, Modi mengatakan kepada Putin, "Era hari ini bukan era perang, dan saya telah berbicara dengan Anda di telepon tentang ini," dan menambahkan bahwa demokrasi, diplomasi, dan dialog menjaga dunia bersama. 

Baca Juga: Presiden Turki Erdogan: Vladimir Putin ingin Akhiri Perang Sesegera Mungkin

Putin menjawab bahwa dia tahu kekhawatiran Modi atas konflik tersebut, menambahkan, "Kami akan melakukan segalanya untuk menghentikan ini sesegera mungkin."

Banyak diplomat dan pejabat AS telah mengunjungi India sejak perang dimulai untuk mencoba dan meyakinkan para pemimpin negara Asia selatan untuk secara bertahap menjauh dari ketergantungan pada Rusia di bidang pertahanan dan lainnya.

Editor: Handoyo .

Terbaru