kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS peringatkan China atas upaya apa pun untuk merebut kembali Taiwan dengan paksa


Kamis, 08 Oktober 2020 / 13:49 WIB
AS peringatkan China atas upaya apa pun untuk merebut kembali Taiwan dengan paksa
ILUSTRASI. Armada tempur Taiwan saat melakukan latihan militer.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Robert O'Brien memperingatkan China terhadap upaya apa pun untuk merebut kembali Taiwan dengan paksa.

Di sebuah acara di University of Nevada, Las Vegas, pada Rabu (7/10), O'Brien mengatakan, China terlibat dalam penumpukan Angkatan Laut besar-besaran yang mungkin tidak terlihat.

"Bagian dari itu adalah memberi mereka kemampuan untuk mendorong kami keluar dari Pasifik Barat, dan memungkinkan mereka melakukan pendaratan amfibi di Taiwan," katanya seperti dikutip Reuters

"Masalahnya adalah, pendaratan amfibi sangat sulit," ungkap O'Brien, menunjuk pada jarak 160 km antara China dan Taiwan serta kurangnya pendaratan pantai di pulau itu.

Baca Juga: China makin intimidasi, Taiwan: Kami tidak menyerahkan satu inci pun wilayah

"Ini bukan tugas yang mudah, dan ada juga banyak ambiguitas tentang apa yang akan dilakukan Amerika Serikat sebagai tanggapan atas serangan China terhadap Taiwan," tambah dia ketika ditanya, apa pilihan AS jika China bergerak untuk mencoba menyerang Taiwan.

O'Brien mengacu pada kebijakan lama AS tentang "ambiguitas strategis" atas pertanyaan, apakah negeri uak Sam akan campur tangan untuk melindungi Taiwan, yang dianggap China sebagai provinsinya.

AS diwajibkan oleh undang-undang untuk memberi Taiwan sarana untuk membela diri. Tetapi, tidak disebutkan, apakah akan campur tangan secara militer jika terjadi serangan China

Komentar O'Brien datang saat China secara signifikan meningkatkan aktivitas militer di dekat Taiwan, dan ketika hubungan AS-China telah jatuh ke titik terendah dalam beberapa dekade menjelang pemilihan presiden 3 November.

Baca Juga: Beijing bisa gerah, Pompeo peringatkan tentang aktivitas jahat China di Asia-Pasifik




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×