kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS salahkan China soal wabah corona, tuding China tutupi dan dunia telat merespons


Kamis, 12 Maret 2020 / 10:46 WIB
AS salahkan China soal wabah corona, tuding China tutupi dan dunia telat merespons
ILUSTRASI. Petugas memakai masker untuk pencegahan infeksi virus corona di Oakland International Airport, Amerika Serikat (AS).


Sumber: CNN | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Robert O'Brien, Penasihat Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mengecam pemerintah China atas tanggapan mereka terhadap wabah virsu corona di Wuhan, China. Ia menyebut, China menutupi wabah corona itu sehingga membuat dunia baru merespons virus itu dua bulan setelahnya.

"Ada banyak sumber terbuka melaporkan dari Tiongkok, dari warga negara China bahwa dokter yang terlibat dibungkam atau diisolasi atau hal-hal semacam itu sehingga kata virus ini tidak bisa keluar," kata O'Brien dalam pidato di acara di Washington seperti dikutip CNN.

Baca Juga: Hati-hati! Virus corona bisa tetap menempel di plastik dan stainless hingga tiga hari

Menurut O'Brien, jika AS tahu dari awal dan dapat mengurutkan virus serta memiliki kerjasama yang diperlukan dengan China, mungkin wabah corona ini bisa dicegah.

"Seandainya tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berada di lapangan, memiliki tim Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang kami tawarkan, saya pikir kami bisa saja secara dramatis membatasi apa yang terjadi di Tiongkok dan apa yang sekarang terjadi di seluruh dunia,” lanjutnya.

O'Brien juga mendesak warga Amerika untuk mengindahkan peringatan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dan mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran virus corona lebih lanjut.

"Jika Anda memiliki rekan kerja yang bersin, kirim mereka pulang," katanya, seraya menambahkan bahwa orang-orang harus berlatih menjaga jarak sosial, mencuci tangan secara rutin, dan mengambil tindakan perlindungan lainnya.

Baca Juga: Tangkal corona, Presiden Trump batasi warga eropa yang akan ke AS mulai Jumat besok




TERBARU

[X]
×