kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.399.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.455   5,00   0,03%
  • IDX 7.761   58,65   0,76%
  • KOMPAS100 1.178   4,09   0,35%
  • LQ45 952   4,14   0,44%
  • ISSI 225   0,37   0,16%
  • IDX30 484   2,99   0,62%
  • IDXHIDIV20 585   1,58   0,27%
  • IDX80 133   0,65   0,49%
  • IDXV30 138   -0,23   -0,16%
  • IDXQ30 162   0,84   0,52%

AS Terseret Konflik Timur Tengah, Washington Kirim Kapal Selam Rudal dan Kapal Induk


Selasa, 13 Agustus 2024 / 08:40 WIB
AS Terseret Konflik Timur Tengah, Washington Kirim Kapal Selam Rudal dan Kapal Induk
ILUSTRASI. Pentagon mengatakan, mereka bakal memperkuat postur kekuatannya di Timur Tengah. REUTERS/Amir Cohen


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pentagon mengatakan, mereka bakal "memperkuat" postur kekuatannya di Timur Tengah. Yakni dengan mengerahkan kapal selam rudal berpemandu dan mempercepat pengiriman kelompok penyerang kapal induk ke wilayah tersebut.

Kebijakan ini dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa serangan balasan Iran akan memperluas perang Hamas-Israel yang sedang berlangsung.

Melansir United Press International, Sekretaris Pers Pentagon Mayjen Pat Ryder mengatakan dalam sebuah pernyataan Minggu malam bahwa Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah berbicara melalui telepon dengan mitranya dari Israel, Menteri Pertahanan Yoav Gallant. 

Pembicaraan antar keduanya yakni untuk menegaskan kembali komitmen AS untuk mengambil setiap langkah yang mungkin untuk membela Israel.

Seruan itu disampaikan di tengah meningkatnya antisipasi serangan Iran terhadap Israel.

Teheran telah bersumpah untuk menyerang Israel setelah pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh bulan lalu di ibu kota Iran. Israel belum berkomentar mengenai hal ini.

Iran dan Israel telah terlibat dalam perang proksi selama bertahun-tahun yang meledak pada 7 Oktober ketika Hamas yang didukung Teheran menewaskan 1.200 warga Israel dan menyandera 250 lainnya. 

Baca Juga: Israel ke AS: Iran Tengah Siapkan Serangan Militer Berskala Besar

Israel menanggapi dengan menghancurkan sebagian besar wilayah kantong Palestina di Gaza yang dikuasai Hamas, yang mengakibatkan hampir 40.000 warga Palestina tewas saat memburu para pemimpin Hamas dan mencari sandera.

Israel telah berjanji untuk membubarkan Hamas sebagai salah satu syaratnya untuk mengakhiri perang. Sehari sebelum Haniyeh terbunuh, Israel membunuh Fuad Shukr, seorang komandan Hezbollah, milisi lain yang didukung Iran.

Saat Timur Tengah bersiap menghadapi serangan balasan Iran, Amerika Serikat dan sekutunya telah mendesak Israel dan Hamas untuk menyelesaikan perjanjian gencatan senjata yang telah mereka kerjakan selama berbulan-bulan. 

Penghentian pertempuran secara luas dipandang sebagai cara terbaik untuk meredakan ketegangan dan serangan Iran terhadap Israel kemungkinan besar akan menggagalkan upaya tersebut.

Austin dan Gallant membahas "pentingnya" mengurangi kerugian warga sipil dan mencapai kemajuan menuju pengamanan gencatan senjata, kata Ryder.

Ia memberi tahu Gallant tentang langkah-langkah pemerintahan Biden untuk memperkuat kemampuan postur militer AS di seluruh Timur Tengah karena meningkatnya ketegangan regional.

Baca Juga: Situasi Gaza Memburuk, Sedikitnya 25 Warga Palestina Tewas dalam 24 Jam Terakhir

Dia mengatakan Pentagon telah memerintahkan kapal selam rudal berpemandu USS Georgia ke wilayah Komando Pusat.

Minggu lalu, Pentagon mengumumkan bahwa mereka memerintahkan kelompok penyerang kapal induk USS Abraham Lincoln untuk menggantikan kelompok penyerang kapal induk USS Theodore Roosevelt, yang telah berada di Timur Tengah selama beberapa minggu.

Pada hari Minggu, Austin memberi tahu Gallant bahwa kapal induk yang dilengkapi jet tempur F-35C telah diperintahkan untuk "mempercepat transitnya" ke wilayah tanggung jawab Komando Pusat, kata Ryder.

USS Abraham Lincoln mengatakan pada X setelah pengumuman bahwa mereka "telah mendengar panggilan tersebut."

Menurut pernyataan dari Angkatan Laut AS, USS Abraham Lincoln berangkat dari Pangkalan Angkatan Laut Guam pada hari Kamis setelah singgah di pelabuhan selama empat hari.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

[X]
×