kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Australia luncurkan koin emas untuk koleksi seharga miliaran rupiah


Rabu, 05 September 2018 / 00:34 WIB
Australia luncurkan koin emas untuk koleksi seharga miliaran rupiah


Sumber: DW.com | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - DW. Produsen koin yang juga produsen emas batangan milik pemerintah negara bagian Australia Barat, Perth Mint, pada Selasa (4/9) memamerkan koin emas bertahtakan berlian merah muda senilai 2,48 juta dolar Australia (hampir senilai Rp 27 miliar).

Koin termahal yang diluncurkan sebagai benda koleksi ini dapat juga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Saat ini koin tersebut sedang ditawarkan kepada pembeli dengan harga tertinggi.

Langkah ini untuk memenuhi meningkatnya permintaan akan koleksi-koleksi high-end di kalangan orang-orang superkaya.

Pada harta seberat dua kilogram ini terdapat gambar sebuah kapal layar, pencari emas dan pohon boab yang banyak ditemukan di Australia Barat.

Ini adalah koin paling berharga yang pernah dibuat di Australia dan diharapkan akan dibeli oleh kolektor dari Asia atau Timur Tengah.

Permintaan barang-barang supermewah meningkat

Koin ini "dirilis sebagai tanggapan terhadap meningkatnya permintaan barang-barang supermewah nan esklusif," kata Pimpinan Eksekutif Perth Minth, Richard Hayes.

"Koin itu menceritakan dongeng-dongeng penuh inspirasi tentang pertambangan sumber daya yang berharga di Australia ini."

Koin yang disebut "Discovery" ini meniru model "Holey Dollar," yaitu salah satu koin pertama di Australia.

Pada 2013 silam seorang kolektor pernah membayar 495.000 dolar Australia (Rp 7,4 miliar) untuk salah satu koin "Holey Dollar."

Daya tarik utama dari koin "Discovery" ini adalah empat berlian merah muda dari tambang Argyle yang terkenal di wilayah Kimberley barat yang terpencil di Australia, termasuk juga potongan zamrud sebesar 1,02 karat.

"Seluruh produksi berlian merah muda tahun ini bisa dihitung dengan jari tangan Anda," ujar Hayes.

Menteri Pertambangan Australia Barat Bill Johnston mengatakan produk ini adalah penghargaan bagi keahlian para pengrajin logam di Australia Barat.

"Ini adalah bukti kualitas pengerjaan yang dapat dilakukan oleh Perth Mint bahwa kami dapat memproduksi koin ini," katanya.

"Warga Australia Barat mungkin tidak menyadari aktivitas ekstensif di sini di Perth Mint. Ini adalah tujuan wisata yang penting tetapi juga merupakan industri ekspor utama."




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×