kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Awak maskapai Jerman demo, ratusan jadwal penerbangan dibatalkan


Senin, 30 Desember 2019 / 16:44 WIB
Awak maskapai Jerman demo, ratusan jadwal penerbangan dibatalkan
ILUSTRASI. Pesawat Lufthansa di Bandara Frankfurt airport, Jerman (17/3/2016) REUTERS/Kai Pfaffenbach/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - COLOGNE. Sekitar 180 penerbangan di Jerman dibatalkan pada hari Senin karena pemogokan awak kabin di maskapai penerbangan murah Lufthansa Germanwings, dalam upaya untuk memberikan tekanan pada manajemen dalam pembicaraan upah.

Dilansir dari Reuters, serikat buruh Ufo pada hari Jumat mengumumkan aksi mogok dari Senin hingga Rabu pekan ini di Germanwings, yang beroperasi atas nama merek Eurowings Lufthansa.

Baca Juga: Kurang dari setahun, mobil listrik Tesla 3 dari pabrik di China mulai dikirim

Serikat buruh mengatakan hanya ada sedikit kemajuan yang telah dicapai dalam pembicaraan dengan manajemen Lufthansa.

Sekitar 15% penerbangan di Eurowings perlu dibatalkan, kata juru bicara Lufthansa, Senin. "35 penerbangan pertama dibatalkan, lalu 54, sekarang 170, yang berarti Germanwings hanya akan mengelola 7% dari operasi penerbangan aslinya hari ini," kata juru bicara Ufo di bandara Cologne-Bonn.

“Itu seharusnya menjadi pertanda bagi kelompok Lufthansa. Karyawan Anda benar-benar marah. Anda akhirnya harus mengubah sesuatu,” tambahnya.

Sebagian besar penerbangan yang dibatalkan adalah rute domestik. Penumpang yang terdampar ditawari tiket kereta ke tujuan mereka atau diberi kursi pada penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Lufthansa lainnya.

Baca Juga: Usai bikin rekor tahun ini, eksportir LNG Amerika harus tetap waspada di tahun depan

Beberapa penumpang mengatakan bahwa sementara mereka memahami keluhan awak kabin. Namun karena terjadi di tengah musim liburan, maka ini menjadi masalah.

“Saya dari Perancis dan lebih buruk di sana. Saya mendukung pekerja mengekspresikan diri mereka sendiri, tetapi saya tidak yakin apakah waktunya tepat,” kata Celine Guiakam, seorang penumpang di bandara Cologne-Bonn.

Sengketa perundingan bersama yang macet untuk 22.000 karyawan kabin berkaitan dengan gaji dan kondisi kerja di antara sejumlah masalah lainnya.

Ufo melakukan pemogokan selama dua hari pada bulan November, yang mengakibatkan pembatalan satu dari lima penerbangan dan mempengaruhi sekitar 180.000 penumpang sekaligus menelan biaya maskapai hingga 10 juta-20 juta euro.

Baca Juga: AS gempur Irak dan Suriah, harga emas hari ini sentuh level tertinggi


Tag

TERBARU

[X]
×