kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badai Musim Dingin Ekstrem, Maskapai Batalkan 5.000 Penerbangan AS pada Jumat (23/12)


Sabtu, 24 Desember 2022 / 07:49 WIB
Badai Musim Dingin Ekstrem, Maskapai Batalkan 5.000 Penerbangan AS pada Jumat (23/12)
ILUSTRASI. American Airlines lakukan sejumlah pembatalan penerbangan karena cuaca dingin yang ekstrem


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Maskapai penerbangan di Amerika Serikat (AS) membatalkan lebih dari 5.000 penerbangan pada Jumat (23/12). Itu dilakukan karena badai musim dingin yang dahsyat yang akhirnya menggeram operasi bandara di seluruh Negeri Paman Sam dan membuat frustrasi puluhan ribu pelancong liburan.

Pembatalan tersebut menyusul hampir 2.700 penerbangan yang dibatalkan pada hari Kamis dan hampir 500 penerbangan telah dibatalkan untuk hari Sabtu, menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware.

Selain itu, penumpang kereta api Amtrak telah membatalkan puluhan kereta hingga Natal, mengganggu perjalanan liburan bagi ribuan orang.

Banyak jalan raya di Midwest mengalami penundaan yang lama karena cuaca bersalju atau kecelakaan. Bahkan polisi di daerah Indiana mendesak pengendara untuk menghindari perjalanan yang tidak penting di bagian barat laut negara bagian itu.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) memberlakukan ground stop atau penundaan untuk pencairan es di sejumlah bandara AS karena cuaca musim dingin yang ekstrem.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Penyeberangan Merak Bakauheni Dihentikan Sementara

Sekretaris Transportasi Pete Buttigieg mengatakan kepada CNN bahwa sistem penerbangan AS "beroperasi di bawah tekanan yang sangat besar" dan dua badai serta angin kencang yang berbeda memengaruhi bandara di seluruh negeri. Sekitar 10% penerbangan AS dibatalkan pada Kamis, kata Buttigieg.

Di sisi lain, 8.000 penerbangan AS lainnya ditunda pada hari Jumat - termasuk lebih dari 32% dari yang dioperasikan oleh American Airlines, United Airlines, Delta Air Lines dan Southwest Airlines.

Southwest membatalkan 951 penerbangan pada hari Jumat, hampir seperempat dari semua jadwal penerbangannya. Lalu, Alaska Airlines membatalkan 445, atau 57% penerbangannya.

Bandara Internasional Seattle-Tacoma memiliki 303 penerbangan, atau 54% keberangkatan dibatalkan pada pukul 14:30. PST. FAA pada Jumat pagi mengeluarkan ground stop di sana karena salju dan es.

Lebih dari 40% penerbangan keberangkatan di Detroit Metro dibatalkan, 67% di Portland, 36% di LaGuardia New York, 27% di Boston dan 25% di Chicago O'Hare.

Chicago menghadapi suhu dingin yang berbahaya dengan peringatan Layanan Cuaca Nasional angin dingin bisa mencapai minus 30 Fahrenheit (minus 34 Celcius)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×