kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bain Capital Dekati Kesepakatan US$ 2,27 miliar Beli Perusahaan TI Prancis Inetum


Kamis, 20 Januari 2022 / 11:48 WIB
Bain Capital Dekati Kesepakatan US$ 2,27 miliar Beli Perusahaan TI Prancis Inetum
ILUSTRASI. Bain Capital


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - LONDON. Bain Capital dikabarkan sedang dalam pembicaraan akhir untuk membeli perusahaan layanan TI Prancis Inetum dalam kesepakatan senilai sekitar US$ 2,27 miliar. Jika benar, kesepakatan ini akan meningkatkan kehadirannya di seluruh sektor teknologi Eropa.

Kesepakatan itu juga akan membuat Inetum kembali ke tangan ekuitas swasta setelah dijual ke grup Qatar Mannai Corp pada 2016.

Mengutip Reuters, Kamis (20/1), Bain kemungkinan akan melakukan penandatanganan kesepakatan pada awal minggu ini dan akan menilai perusahaan Prancis berusia 52 tahun itu sekitar 2 miliar euro atau setara US$2,27 miliar.

Sementara itu, sumber Reuters bilang JPMorgan akan membantu Mannai Corp dalam penjualan sementara Credit Suisse menjadi penasihat dari Bai.

Baca Juga: 10 Kripto berkinerja terburuk tahun lalu

Mannai, yang juga telah menyewa bank AS Lazard, mengatakan bahwa dewan telah menyetujui potensi penjualan saham penuh di Inetum, tanpa menyebutkan pembeli.

Langkah ini sejalan dengan misi Bain Capital yang ingin membangun skala di industri layanan TI Eropa yang terfragmentasi di mana perusahaan ekuitas swasta itu membeli Grup Teknik Italia pada tahun 2020.

Berbasis di pinggiran Paris, Inetum menyediakan layanan yang mencakup konsultasi TI, komputasi awan, kecerdasan buatan, blockchain, dan infrastruktur di lebih dari 26 negara. Pada 2019 ia membeli perusahaan Spanyol Informática El Corte Ingles (IECISA) untuk menciptakan juara teknologi Eropa.

Inetum, dipimpin oleh Chief Executive Vincent Rouaix, memiliki pendapatan hampir 2 miliar euro pada tahun 2020 dan sebelumnya didukung oleh perusahaan investasi Apax France, Altamir dan Boussard & Gavaudan.

Bain, yang memiliki bisnis data pasar Inggris Kantar dan telah menjadi investor yang produktif di industri pembayaran Eropa, telah menghargai Inetum sekitar 10 kali lipat dari pendapatan intinya sekitar 200 juta euro,.

Perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di Boston telah mengadakan pembicaraan bilateral dengan pemilik Mannai Corp selama beberapa minggu sebelum kemungkinan kesepakatan.




TERBARU

[X]
×