kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun Pabrik di AS, VinFast Cari Dana Segar Hingga US$ 4 Milar


Rabu, 13 Juli 2022 / 09:43 WIB
Bangun Pabrik di AS, VinFast Cari Dana Segar Hingga US$ 4 Milar
ILUSTRASI. VinFast icar pendanaan US$ 4 miliar setelah rencana IPO ditunda


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HANOI. Rencana produsen mobil listrik (EV) asal Vietnam, VinFast, untuk melakukan ekspansi ke luar negeri semakin serius. Terbaru, VinFast telah menandatangani perjanjian kerjasama untuk mencari pendanaan sebesar US$ 4 miliar dengan Credit Suisse (Singapore) Ltd dan Citigroup Global Markets Inc.

Dana tersebut akan digunakan VinFast untuk pembangunan pabrik kendaraan listrik atawa electric vehicle (EV) di Carolina Utara, Amerika Serikat (AS)

Mengutip Bloomberg (13/7), Credit Suisse Group AG akan membantu mengatur penerbitan sekuritas luar negeri untuk mengumpulkan sekitar US$ 2 miliar. Sementara itu, Citigroup Global Markets Inc. akan bertindak sebagai penasihat untuk transaksi yang mungkin termasuk utang atau penempatan ekuitas swasta dengan nilai minimum sekitar jumlah yang sama.

Namun, VinFast belum menentukan jenis utang yang akan dikeluarkan.

Baca Juga: VinFast Cari Pinjaman Pemerintah AS untuk Ekspansi Pabrik

Pengumuman ini muncul setelah induk VinFast, Vingroup JSC, pada bulan Mei lalu mengatakan bahwa penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO) untuk Vinfast mungkin ditunda hingga tahun depan karena ketidakpastian pasar.

Chief Executive Officer VinFast Le Thi Thu Thuy pada Juni lalu bilang, perusahaan masih berada di jalur untuk memulai produksi mobil listrik di AS pada tahun 2024.

Rencananya, pembangunan pabrik North Carolina dapat dimulai pada bulan September mendatang.

Pembuat kendaraan listrik pemula, yang kurang dikenal di luar Vietnam ini memiliki ambisi untuk mengirimkan sebanyak 1 juta mobil secara global dalam 5 tahun hingga 6 tahun.

Thuy menegaskan bahwa target tersebut dapat dicapai. Meskipun, terlihat sangat ambisius, dibandingkan dengan pembuat mobil listrik lain yang lebih mapan.

Baca Juga: Vinfast Vietnam akan Membangun Pabrik Kendaraan Listrik Senilai US$ 2 Miliar di AS

Startup EV China Nio Inc. baru saja merayakan 100.000 kendaraannya dari jalur produksi pada April 2021, setelah hampir 3 tahun. Sementara Goldman Sachs Group Inc. di awal bulan ini menurunkan perkiraan produksi Tesla Inc. di tahun ini, menjadi 1,4 juta unit.

Kompleks pabrik VinFast akan berlokasi di kawasan industri Triangle Innovation Point di Chatham County, Carolina Utara, dan mencakup fasilitas manufaktur untuk EV, bus bersih, dan baterai.

Tahap pertama fasilitas pabrik ini diharapkan memiliki kapasitas produksi 150.000 kendaraan listrik per tahun.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×