kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banjir mengancam fasilitas nuklir Korea Utara di Yongbyon


Kamis, 13 Agustus 2020 / 14:02 WIB
Banjir mengancam fasilitas nuklir Korea Utara di Yongbyon
ILUSTRASI. Percobaan nuklir Korea Utara pada 3 September 2017 silam. Sebuah studi citra satelit menunjukkan banjir baru-baru ini di Korea Utara mungkin telah merusak rumah pompa yang terhubung ke fasilitas nuklir utama negara itu.


Sumber: Al Jazeera | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Sebuah studi citra satelit menunjukkan banjir baru-baru ini di Korea Utara mungkin telah merusak rumah pompa yang terhubung ke fasilitas nuklir utama negara itu. Demikian laporan lembaga yang berbasis di AS pada Kamis (13/8).

Analis di 38 North, sebuah situs web yang memantau Korea Utara, menyebutkan citra satelit komersial dari 6 Agustus hingga 11 Agustus menunjukkan betapa rentannya sistem pendingin reaktor nuklir Pusat Penelitian Ilmiah Nuklir Yongbyon terhadap peristiwa cuaca ekstrem.

Semenanjung Korea telah dilanda salah satu musim hujan terlama dalam sejarah baru-baru ini, dengan banjir dan tanah longsor yang menyebabkan kerusakan dan kematian di Korea Utara dan Selatan.

Baca Juga: Hampir 60% penduduk Korea Utara alami kesulitan pangan, salah yang terburuk di Asia

Terletak di tepi Sungai Kuryong sekitar 100 km (60 mil) utara ibu kota Korea Utara, Pyongyang, Yongbyon adalah rumah bagi reaktor nuklir, pabrik pemrosesan ulang bahan bakar, dan fasilitas pengayaan uranium yang dianggap digunakan dalam program senjata nuklir Korea Utara.

Reaktor lima megawatt - diyakini digunakan untuk memproduksi plutonium tingkat senjata - tampaknya tidak beroperasi selama beberapa waktu. Banjir seperti itu di masa depan akan terjadi dan ini kemungkinan akan memaksa penutupan reaktor, demikian laporan 38 North.

Korea Utara mungkin telah memulai kembali pembangkit nuklir. "Kerusakan pompa dan pipa di dalam rumah pompa merupakan kerentanan terbesar bagi reaktor," tulis laporan itu yang dikutip Al Jazeera.

"Jika reaktor beroperasi, misalnya, ketidakmampuan untuk mendinginkannya akan mengharuskan mereka untuk mematikan."

Diyakini bahwa reaktor di Yongbyon adalah sumber plutonium tingkat senjata untuk Korea Utara.

Menurut kantor berita Yonhap Korea Selatan, Pyongyang dapat memanen plutonium senilai satu bom nuklir dengan memproses ulang batang bahan bakar bekas dari reaktor nuklir.

Baca Juga: Bikin panas Korea Utara, AS dan Korea Selatan gelar latihan militer gabungan




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×