kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank sentral Meksiko menggunting prediksi pertumbuhan ekonomi 2019


Kamis, 30 Mei 2019 / 12:04 WIB
Bank sentral Meksiko menggunting prediksi pertumbuhan ekonomi 2019


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Bank sentral Meksiko memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi 2019 untuk keempat kalinya, Rabu (29/5). Bank sentral juga memperingatkan risiko global dan domestik bagi investasi dan sentimen konsumen di negara Amerika Latin terbesar kedua ini.

Bank of Mexico menggunting prediksi pertumbuhan produk domestik bruto tahun ini menjadi 0,80%-1,80% dari sebelumnya 1,1%-2,1%. Bank sentral mempertahankan prediksi pertumbuhan tahun depan antara 1,7%-2,7% tapi mengungkapkan bahwa risiko pertumbuhan tetap ada di tengah potensi ketidakpastian ekonomi.

Dalam laporan inflasi kuartalan, Bank of Mexico mengungkapkan bahwa ekonomi domestik yang turun 0,2% di kuartal pertama dari kuartal keempat 2018 tertekan oleh produksi industri Amerika Serikat (AS) yang turun, perang dagang global, serta ketidakpastian kebijakan domestik Meksiko. "Kami memperkirakan aktivitas ekonomi akan pulih dalam beberapa kuartal mendatang," kata Alejandro Diaz de Leon, Gubernur Bank of Mexico seperti dikutip Reuters.

Salah satu tantangan signifikan bagi Meksiko adalah ketidakpastian peringkat kredit Pemex, perusahaan minyak pelat merah Meksiko. Perusahaan pemeringkat seperti Fitch dan Standard & Poor's tahun ini memangkas peringkat Pemex yang memiliki utang US$ 106 miliar. Lembaga pemeringkat pun menempatkan Pemex dengan outlook negatif.

Bank sentral memperkirakan inflasi akan mencapai 3,7% pada akhir tahun ini, lebih tinggi daripada inflasi sekarang yang mencapai 3,4%. Bank sentral juga menaikkan prediksi inflasi tahun depan dari 3% dari prediksi sebelumnya 2,7%.

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan, ekonomi akan tumbuh setidaknya 2% pada tahun ini dan 3% pada tahun depan. Dia berjanji untuk mendorong pertumbuhan dan investasi di Meksiko.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×