kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bankir yang kini miliarder Thailand di banyak bisnis (1)


Kamis, 11 April 2019 / 08:06 WIB
Bankir yang kini miliarder Thailand di banyak bisnis (1)

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Tri Adi

Krit Ratanarak merupakan seorang milarder yang berasal dari Thailand. Kiprahnya di dunia bisnis seakan sudah tersurat sejak ia lahir. Maklumlah, Krit terlahir dari keluarga yang sukses di industri perbankan. Namun tentu perjalanan Krit mengembangkan bisnis tidak semudah membalikkan tangan. Ia harus menjadi karyawan terlebih dahulu di perusahaan milik sang ayah untuk mempelajari bisnis bank. Hasilnya? Krit mampu membesarkan usaha keluarganya.

Krit Ratanarak merupakan seorang warga Thailand yang masuk ke dalam daftar miliarder dunia versi majalah Forbes. Di daftar tersebut, Krit menempati peringkat ke-1.057 orang terkaya dunia. Adapun dalam skala Thailand, Krit merupakan orang terkaya keenam.

Krit terbilang sukses merambah banyak bidang usaha. Saat ini, Krit memimpin Bangkok Broadcasting & Television Company (Channel 7). Ia juga memimpin perusahaan di bidang keuangan seperti Bank of Ayudhya, Krungsri Bank, Allianz Ayudhya, Sri Ayudhya Capital, dan Matching Studio. Termasuk perusahaan semen ternama di Thailand yakni Siam City Cement.

Krit lahir di Bangkok pada 19 April 1946. Anak pertama dari enam bersaudara ini mendapatkan gelar MBA dari The Eastern New Mexico University. Empat saudaranya yang perempuan tinggal di luar Bangkok, Thailand. Tetapi ia mengikuti sang ibu yang memilih untuk tinggal di negara asalnya.

Krit merupakan anak dari pebisnis ternama Thailand, Chuan Ratanarak, imigran asal Tiongkok yang kemudian menjadi warga negara Thailand. Di peta bisnis Thailand, Chuan merupakan seorang bankir ternama.

Ia adalah pendiriĀ  Bank of Ayudhya, Siam City Cement dan Bangkok Broadcasting and Television. Ya, Chuan adalah pendiri dari semua perusahaan yang kini dikendalikan oleh Krit. Bisnis yang dimiliki oleh keluarga Krit tersebar di berbagai sektor, mulai media, real estate hingga semen, dan bank.




TERBARU

Close [X]
×