kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,20   -6,16   -0.66%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beberapa fakta menarik tentang zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea


Minggu, 30 Juni 2019 / 15:30 WIB
Beberapa fakta menarik tentang zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - SEOUL.  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengadakan pembicaraan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi (DMZ) antara kedua Korea pada hari Minggu (30/6). Pertemuan tersebut merupakan yang ketiga antara kedua pemimpin hanya dalam waktu satu tahun.

Mengutip Reuters, perbatasan peninggalan Perang Dingin terakhir di dunia tersebut telah menyaksikan serentetan insiden diplomatik dan militer yang dramatis selama bertahun-tahun. Serta puluhan putaran pembicaraan pemerintah, militer dan kemanusiaan sejak 1971, ketika kedua Korea membuka hotline pertama dan kantor penghubung mereka.

Yang paling terkenal, tentara Korea Utara yang menggunakan kapak di DMZ pada tahun 1976 membunuh dua tentara Amerika yang menebang pohon poplar untuk mendapatkan pandangan yang jelas.

Berikut adalah beberapa fakta tentang DMZ sepanjang 250 km, yang memisahkan Korea Utara dan Selatan. 

- DMZ menandai di mana Perang Korea 1950-1953 - ketika China dan Korea Utara bertempur melawan pasukan PBB yang dipimpin oleh Amerika Serikat - berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian.

- DMZ adalah penyangga selebar 2 kilometer (km), membentang dari pantai ke pantai melintasi semenanjung, dilapisi oleh kedua sisi dengan kawat berduri, persenjataan berat dan perangkap tangki.

- Berjarak 60 km (37 mil) dari Seoul dan 210 km (130 mil) dari ibu kota Korea Utara, Pyongyang.

- Di dalam DMZ adalah Area Keamanan Bersama (JSA). Desa damai yang disebut Panmunjom, tempat gencatan senjata yang menghentikan Perang Korea ditandatangani pada tahun 1953, terletak di zona JSA selebar 800 meter dan panjang 400 meter.

- Garis Demarkasi Militer (MDL) menandai batas antara kedua Korea.

- Panmunjom adalah sekelompok bangunan biru cerah yang khas. Kedua Korea memiliki kantor penghubung mereka sendiri dan ruang konferensi, di setiap sisi MDL di Panmunjom.

- Di bawah kesepakatan tahun 1953, Komando AS dan militer Korea Utara diizinkan untuk mengirimkan tidak lebih dari 35 tentara ke JSA, dan masing-masing dari mereka hanya dapat memiliki satu pistol atau senapan non-otomatis. Tetapi jumlah tentara dan senjata meningkat ketika hubungan memburuk.

- Pasukan saling berhadapan di MDL di Panmunjom.

- KTT antar-Korea pertama dalam lebih dari satu dekade diadakan di Panmunjom tahun lalu.

- Setelah pertemuan puncak ketiga antara kedua Korea pada bulan September, kedua belah pihak menarik senjata api dari JSA dan memotong jumlah pasukan kembali ke 35 semula.

- Hamparan luas DMZ telah menjadi tanah tak bertuan selama lebih dari 60 tahun, di mana margasatwa tumbuh subur tanpa gangguan. Bagian lain darinya menawarkan perpaduan instalasi militer dan tempat wisata yang meresahkan.

- Menurut perintah AS, lebih dari 105.000 wisatawan mengunjungi JSA dari Selatan pada 2017, sementara hampir 30.000 mengunjungi dari Utara.

- Korea Selatan memperkirakan Korut mengoperasikan sekitar 160 pos penjagaan di sepanjang DMZ dan Korea Selatan memiliki 60. Mereka menghancurkan 11 dari mereka dari masing-masing pihak setelah kesepakatan militer tahun lalu.

- DMZ juga dipenuhi dengan ranjau darat yang ditanam selama beberapa dekade - sebanyak 970.000 di bagian selatan saja, menurut Landmine and Cluster Munition Monitor, sebuah kelompok sipil berbasis di Jenewa.

- Selama bertahun-tahun, kedua belah pihak menyebarkan siaran propaganda di atas DMZ ke wilayah masing-masing. Siaran berakhir setelah perjanjian militer tahun lalu.




TERBARU

[X]
×