kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Reaksi Rakyat Iran Atas Jatuhnya Helikopter Presiden


Rabu, 22 Mei 2024 / 08:29 WIB
Begini Reaksi Rakyat Iran Atas Jatuhnya Helikopter Presiden
ILUSTRASI. Terkejut dan tidak percaya adalah emosi utama yang diungkapkan oleh sebagian besar warga Iran di media sosial atas kabar jatunya helikopter presiden Iran. Stringer/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Terkejut dan tidak percaya adalah emosi utama yang diungkapkan oleh sebagian besar warga Iran di media sosial setelah tersiar kabar bahwa helikopter Presiden Ebrahim Raisi jatuh di barat laut Iran pada Minggu (19/5/2024) sore.

Melansir BBC, spekulasi segera menyebar secara online ketika media pemerintah Iran melakukan tindakan yang biasa mereka lakukan dengan melaporkan informasi yang terbatas dan terkadang bertentangan tentang insiden tersebut.

Ada yang bertanya-tanya apakah Raisi dan tujuh orang lainnya di dalam helikopter, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan beberapa pejabat senior lainnya, telah tewas.

Banyak juga yang bertanya apakah para pejabat pemerintah menunda-nunda persiapan pengumuman atau mereka sama tidak tahu nasibnya seperti masyarakat umum? 

“Mereka hanya mengulur waktu agar bisa mengatasi krisis ini,” ujar salah seorang pengguna media sosial X.

Ada juga dugaan mengenai penyebab kecelakaan yang terjadi di daerah pegunungan terpencil saat kabut tebal dan hujan.

Beberapa orang bertanya apakah kecelakaan itu hanya sebuah kecelakaan – insiden terbaru dalam sejarah panjang kecelakaan di Iran – atau akibat serangan atau sabotase.

Baca Juga: AS Tak Bisa Beri Bantuan ke Iran Pasca Helikopter yang Ditumpangi Raisi Jatuh

“Anda hanya dapat menemukan segelintir pesawat yang berfungsi di seluruh negeri,” tulis pengguna X lainnya.

“Ingat bagaimana kelompok garis keras mengatakan membeli pesawat dan helikopter baru adalah kemewahan dan pemborosan?”

Namun pada Minggu malam, ada perubahan nyata dalam suasana hati masyarakat.

Ketika malam tiba dan tim pencarian dan penyelamatan tidak dapat menemukan lokasi jatuhnya pesawat, TV pemerintah menyiarkan rekaman doa yang diadakan untuk Raisi di seluruh negeri.

Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, sementara itu mengatakan kepada masyarakat Iran bahwa mereka “tidak perlu khawatir” dan “tidak ada gangguan yang akan terjadi pada pekerjaan negara”.

Pernyataan tersebut ditafsirkan oleh banyak warga Iran sebagai tanda bahwa pemerintah sudah mengetahui apa yang terjadi pada mereka yang berada di dalam helikopter dan bahwa pengumuman akan disampaikan pada pagi hari.

Ketika keraguan atas nasib mereka mulai mendapat kepastian, terdapat perbedaan tajam dalam reaksi dari penentang dan pendukung Republik Islam.

Baca Juga: Cuaca Buruk dan Helikopter yang Sudah Tua Diduga Jadi Penyebab Tewasnya Presiden Iran

Para penentangnya merayakan kematian Raisi sebagai “kabar baik”. Dia dicerca oleh banyak orang karena perannya dalam penindasan dengan kekerasan yang dilakukan negara terhadap gerakan protes “Perempuan, Kehidupan, Kebebasan” pada tahun 2022 dan keterlibatannya dalam eksekusi massal tahanan politik pada akhir tahun 1980-an.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×