kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Berambisi membawa golf Filipina di kancah internasional


Kamis, 09 Januari 2020 / 16:50 WIB
Berambisi membawa golf Filipina di kancah internasional
ILUSTRASI. Ilustrasi golf

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - MANILA. Orang-orang kaya mungkin akan menghambur-hamburkan uang mereka untuk barang mewah seperti rumah, perhiasan, kendaraan dan lainnya. Tapi lain cerita bagi Enrique Razon, yang masuk daftar orang terkaya keempat di Filipina.

Lelaki berusia 59 tahun ini rela merogoh kocek untuk mengembangkan olahraga golf di negara asalnya. Sebagai seorang dermawan terkenal, 
Razon memberikan bantuan untuk pengembangan golf amatir di negara itu melalui ICTSI-The Country Club Program dan juga mendukung tim golf Canlubang Filipina.

Perusahaan milik Razon, International Container Terminal Service Inc (ICTS) adalah sponsor utama organisasi pencetak pegolf profesional, Philippine Golf Tour, Inc (PGTI). 

Razon menjabat sebagai ketua sekaligus pejabat eksekutif tertinggi di sana. Keterlibatannya dalam dunia golf tak lain karena kecintaanya golf serta berambisis membawa Filipina menjadi raja golf di dunia.

Philippine Golf Tour merupakan wadah untuk mengasah bakat dan keterampilan pemain amatir. Sudah banyak pemain-pemain muda serta legenda golf lahir dari sini, baik itu penduduk lokal seperti Miguel Tabuenas, Antonio Lascuñas dan Clyde Mondillas. Serta membuka jalan bagi pemain asing untuk mengasah bakatnya di sini.

Wadah ini telah menyelenggarakan setidaknya 15 turnamen setiap tahun, seperti Solaire Philippine Open. Kebutuhan utamanya bagaimana orang Filipina mengatur dan menyelenggarakan turnamen serta membuka sektor pariwisata dari olahraga ini. 

Razon menyatakan, turnamen ini merupakan jangka panjang untuk menjadikan Filipina sebagai tujuan golf internasional terkemuka.

Untuk memperkenalkan PGTI ke pemain internasional, Razon meluncurkan kampanye online dalam mempromosikan Sekolah Kualifikasi PGTA pada 9-12 Agustus 2019 di Luisita Golf and Country Club di kota Tarlac, Filipina. 

Ada sebanyak 80 pemain teratas masuk setelah 36 hole yang maju ke dua putaran terakhir. Pada musim turnamen perdana, PGTI menawarkan hadiah sebesar US$ 100.000 dan minimal US$ 300.000.

Philippine Golf Tour bahkan dikukuh sebagai sirkuit golf nasional terbesar di Asia Tenggara. Sirkuit awal diarahkan untuk menawarkan pegolf dari Filipina, Asia, dan bagian lain dunia platform lain untuk bermain dan pada saat yang sama untuk melengkapi tur golf nasional di masing-masing negara serta sirkuit regional yang ada.

“Kami bermaksud meningkatkan level golf Asia melalui PGTA. Karena kami membantu mengembangkan golf Filipina, kami memberikan dukungan yang sama kepada tetangga-tetangga Asia Tenggara kami dengan memiliki kaki PGTA di negara-negara ASEAN,” kata Razon.

Ia juga sudah lama terlibat dalam asosiasi golf nasional, yang dikenal The National Golf Association of the Philippines (NGAP). Berkat kontribusinya mengembangkan golf di Filipina, ia dianugrahi banyak penghargaan mulai dari Cignal TV dan Komisi Olahraga Filipina (PSC). Ia juga masuk sebagai 75 penerima gelar kehormatan dari Otoritas Statistik Filipina (PSA) 2018.

Ayah anak dua ini masuk dalam jajaran olahragawan di kalangan pengusaha ternama Filipina, seperti Ramon S. Ang, Manny V. Pangilinan, Wilfred Uytengsu, Hans Sy, Dan Palami, Ricky Vargas, Judes Echauz, Chito Salud. Mereka adalah para eksekutif yang mendapat penghargaan di bidang olahraga.




TERBARU

Close [X]
×