kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beri bailout 900 juta euro, pemerintah Italia selamatkan Bank Pop Bari


Senin, 16 Desember 2019 / 18:28 WIB
Beri bailout 900 juta euro, pemerintah Italia selamatkan Bank Pop Bari
Banca Popolare di Bari


| Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - ROMA. Pemerintah Italia akhirnya menyetujui untuk menyelamatkan Bank Popolare di Bari dengan memberikan dana bailout senilai 900 juta euro atawa setara US$ 992 juta.

Pop Bari memang tengah mengalami kesulitan akibat kerugian pinjaman yang tumbuh menajam. Kondisi ini juga turut bikin wilayah Italia Selatan yang merupakan basis debitur perusahaan.

Baca Juga: Mantan supermodel ini sebut etika dan integritas kerja Warren Buffett luar biasa

Melansir Reuters, Minggu (15/12) penyelamantan Pop Bari diputuskan bakal ditangani langsung oleh Bank of Italy. Padahal Jumat lalu pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte urung memberi restu penyelamatan lantaran sejumlah menteri memboikot rapat kabinet secara mendadak.

Keputusan Pemerintah menyetujui penyelamatan Pop Bari guna menciptakan bank investasi milik negara di Italia Selatan.

“Pemerintah berada di sisi nasabah dan pegawai serta berkomitmen untuk menumbuhkan kembali ekonomi Italia Selatan,” kata Menteri Ekonomi Roberto Gualtieri.

Dana dari pemerintah pun bakal disalurkan melalui bank pelat merah yaitu Banca del Mezzogiorno Mediocredito Centrale ke Pop Bari. Dari total dana, 500 juta Euro bakal digunakan untuk meningkatkan neraca keuangan perusahaan, sedangkan sisanya bakal disisihkan untuk kebutuhan mendatang.

Baca Juga: Meski ada kesepakatan fase satu, defisit yang dialami AS masih besar ketimbang China

Adapula pemerintah juga bakal meminta Lembaga Penjamin Simpanan Italia (FITD) menyediakan dana 500 juta Euro untuk menjamin deposito bernilai jumbo di Pop Bari.

Bulan lalu, FITD mengaku telah diminta bantuan serupa oleh Pop Bari. Meski demikian FITD menyatakan perlu memeriksa rencana bisnis Pop Bari terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Minggu ini pimpinan FITD, dan jajaran direksi Pop Bari dijadwalkan bertemu.




TERBARU

[X]
×