kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berinvestasi di bisnis tekstil (3)


Kamis, 22 September 2016 / 13:27 WIB
Berinvestasi di bisnis tekstil (3)


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Tri Adi

Bakat berbisnis Pallonji Shapoorji Mistry berasal dari sang ayah. Pria asal India dan berkewarganegaraan Irlandia ini telah memulai bisnis sejak remaja. Dia pula yang menjalin kerja sama dengan Tata Group sampai kemudian sang ayah diberi kesempatan memiliki saham Tata Sons. The Shapoorji Pallonji Group kian terkenal karena bekerja sama dengan pemerintah daerah di India. Tak puas berbisnis di sektor konstruksi dan manufaktur, Pallonji juga berinvestasi di bisnis tekstil.

Keahlian Pallonji Shapoorji Mistry mengelola bisnis tak bisa lepas dari kepiawaian sang ayah, Shapoorji Pallonji, yang mendirikan The Shapoorji Pallonji Group (SP Group). Pallonji mengikuti rekam jejak sang ayah yang mulai merintis Shapoorji Pallonji Group hingga memiliki saham di perusahaan konglomerasi yang bergerak di bidang manufaktur Tata Group.

Keikutsertaan Pallonji dalam bisnis konstruksi dimulai saat ia berusia 18 tahun. Di usia remaja, dirinya sudah membangun hubungan dengan Tata Group. Kini kerjasama telah terbangun selama beberapa dekade. Bagi Pallonji, Tata Group sudah seperti saudara dalam bisnis karena selalu memberikan arahan bisnis dan membantu bisnis perusahaan Shapoorji Pallonji Group.

Hubungan tersebut kian erat setelah ayah Pallonji memiliki saham Tata. Kejadian tersebut bermula sebelum tahun 1930. Ayah Pallonji diminta Tata Group membangun pabrik baja dan pabrik mobil.

Tapi karena keterbatasan uang Tata memberikan 12% saham Tata Sons kepada ayah Pallonji. Sejak saat itu, mereka berkomitmen untuk meningkatkan saham mereka di Tata Sons. Ayah Pallonji juga membeli saham di Tata Group melalui Tata Sons sebanyak 18,4%. Tata Sons merupakan promotor holding Tata Group. Saham di Tata Sons kemudian digulirkan kepada Pallonji Mistry yang telah menjadi pemegang saham di Tata Sons. Pengendali terbesar perusahaan ini adalah trust dari Tata Family.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×